Tips Aman dan Nyaman Mudik dengan Mobil Pribadi

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi (Sumber foto: www.centroone.com)
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi (Sumber foto: www.centroone.com)

balipuspanews.com – Aktivitas mudik kini tak lagi identik dengan momen lebaran. Maklum saja, pandemi Covid-19 justru membuat mayoritas orang harus mengurungkan niat mudik saat lebaran demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang dicintai.

Jadi, mudik bisa dilakukan kapan saja, terutama ketika Anda punya waktu senggang dan kasus penyebaran Covid-19 sedang menurun.

Rencana mudik dapat direalisasikan secara lancar kalau Anda sudah menyiapkan mobil yang tepat. Bila ingin membeli mobil pribadi, Honda BR-V merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang bisa menjadi pilihan tepat karena tergolong cocok untuk mudik. Anda bisa membeli Honda BR-V secara mudah melalui Blibli.

Proses transaksi jual beli mobil yang cepat di Blibli tak akan menyita waktu Anda. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan bila belum memiliki uang tunai yang memadai untuk membeli mobil baru.

Bila sudah memiliki mobil pribadi yang tangguh, ikuti beberapa kiat ampuh ini supaya rencana mudik berlangsung lancar :

Melakukan Servis Mobil Sebelum Mudik

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum mudik adalah menyiapkan kondisi fisik mobil. Jangan lupa membawa mobil ke bengkel agar mendapatkan pelayanan servis besar sehingga kerusakan komponen mobil bisa segera diatasi dan tidak mengganggu perjalanan jarak jauh.

Ketika mobil diservis, kemungkinan besar Anda pun harus mengganti spare part mobil yang mulai rusak. Jadi, Anda mesti menyiapkan bujet yang memadai demi memaksimalkan performa mobil di jalan raya.

Baca Juga :  Pelatihan Tim Gabungan Selamatkan Korban Terseret Arus

Jangan Lupa Membawa Perkakas Mobil

Perkakas mobil tak boleh luput dari perhatian Anda saat hendak mudik. Simpanlah perkakas mobil untuk membantu Anda memperbaiki mobil dalam kondisi darurat.

Perkakas sederhana untuk mobil biasanya terdiri dari dongkrak, beberapa jenis kunci dan obeng, tali derek, dan pompa angin portable.

Selain itu, kondisi ban serep juga harus dalam keadaan baik dan siap pakai supaya Anda bisa segera menggunakannya ketika ban mobil bocor dalam perjalanan mudik.

Meskipun Anda terpaksa berhenti di jalan tol, Anda tetap bisa mengupayakan perbaikan mobil secara mandiri kalau sudah menyiapkan perkakas tersebut.

Menyiapkan Kondisi Fisik

Perjalanan mudik ke kampung halaman pasti membutuhkan waktu tempuh yang lama. Semakin jauh kampung halaman Anda, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan.

Itulah sebabnya Anda juga harus menyiapkan kondisi fisik sebelum mengemudi jarak jauh.

Mulailah mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur agar tak mudah lelah selama mengendarai mobil.

Persiapan fisik tersebut akan membuat Anda tetap berstamina ketika mengemudi dalam waktu lama.

Jangan ragu menepi di perjalanan atau berhenti di rest area agar bisa tidur sejenak kalau sudah lelah mengemudikan mobil. Dengan demikian, Anda pun jadi tak gampang sakit ketika sudah tiba di kampung halaman.

Baca Juga :  Hari Terakhir Pendaftaran Parpol Pemilu 2024, KPU Pastikan Tak Ada Masa Perpanjangan

 

Mengemudikan Mobil secara Bergantian

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mudik bersama anggota keluarga atau kerabat yang bisa mengemudikan mobil. Sehingga Anda dapat mengemudikan mobil secara bergantian bila sudah lelah.

Mengemudikan mobil secara bergantian sangat efektif meminimalkan risiko kecelakaan. Anda bisa beristirahat sejenak jika sudah mulai lelah dan mengantuk ketika mengemudi.

Perjalanan mudik pun tak akan tertunda karena ada pengemudi lain yang dapat menggantikan Anda.

 

Jangan Lupa Menyiapkan Uang Tunai, E-wallet, dan E-money

Mudik dengan kendaraan pribadi juga membuat Anda wajib menyiapkan uang tunai dan mengisi e-money serta e-wallet. Uang tunai dan e-wallet penting untuk membeli bahan bakar, membayar parkir, dan membeli barang-barang kebutuhan lainnya.

Sedangkan e-money harus tersedia untuk membayar ongkos tol. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memanfaatkan promo cashback dari e-wallet untuk menghemat pengeluaran selama perjalanan mudik.

 

Melakukan Persiapan Matang untuk Menghindari Macet

Tak dapat dipungkiri kalau macet merupakan salah satu musuh besar dalam menempuh perjalanan mudik. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk menghindari macet:

 

  • Memulai perjalanan di malam hari
Baca Juga :  Menyambut HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Warga Kali Unda Gelar Lomba Dayung

Menempuh perjalanan di malam hari jelas jauh lebih cepat karena kondisi jalanan lebih sepi. Jadi, luangkan waktu untuk tidur lebih lama pada siang hari sehingga tubuh Anda tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik di malam hari.

  • Mengandalkan petunjuk GPS untuk menghindari macet

Kalau Anda mengamati rute mudik dengan Google Map, Anda akan memperoleh informasi tentang ruas jalan yang mengalami kemacetan parah sehingga bisa menghindarinya.

Pilihlah rute perjalanan terbaik yang durasinya relatif lebih singkat dan minim kemacetan. Perjalanan mudik yang lebih singkat tentu tak akan menguras tenaga selama mengemudi dan Anda bisa lekas sampai di kampung halaman dalam keadaan baik.

  • Menyimak informasi tentang arus lalu lintas

Jangan malas menyimak informasi lalu lintas di radio atau media sosial mengenai kondisi jalanan yang akan Anda lewati.

Tips sederhana ini membuat Anda lebih sigap menghindari jalanan yang macet parah sehingga Anda tidak terjebak macet selama mengendarai mobil.

Rencana mudik dengan mobil pribadi akan berlangsung aman dan nyaman kalau Anda sudah mempersiapkannya secara matang.

Jadi, sebaiknya Anda tidak melakukan perjalanan mudik secara tergesa-gesa, ya. Persiapkan rencana mudik dengan baik agar bisa segera berkumpul dengan keluarga besar dalam waktu dekat.

 

Penulis : Gde Candra

Editor : Oka Suryawan