Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2022

Ilustrasi asuransi mobil terbaik
Ilustrasi asuransi mobil terbaik

DENPASAR, balipuspanews.com Masa depan bukanlah suatu hal yang dapat dipastikan. Alasan inilah yang membuat orang mulai sekarang mencari tempat asuransi terbaik. Ada banyak tempat asuransi yang ditawarkan.

Meski demikian Anda harus waspada dan hati-hati dalam memilih tempat asuransi. Maka cek premi asuransi kecelakaan diri sekarang, untuk Anda yang ingin memberikan proteksi bagi diri dan keluarga tercinta.

Selain asuransi kecelakaan diri, asuransi mobil dengan pilihan terbaik juga wajib dimiliki Anda pemilik kendaraan roda empat.

Sebelum mengetahui apa saja daftarnya, Anda harus lebih dulu memahami premi asuransi agar senantiasa lancar dalam mendapatkan hak dan kewajiban.

Pengertian Premi Asuransi
Premi asuransi adalah sejumlah uang dan wajib dibayarkan setiap nasabah yang sudah terdaftar pada perusahaan asuransi tersebut sebagai penanggung.

Jumlah uang yang biasanya wajib dibayarkan per bulannya telah ditentukan perusahaan asuransi dengan mengecek kondisi pihak nasabah.

Jadi, premi antar nasabah jelas tidak sama, premi asuransi memiliki fungsi untuk mengendalikan keuangan terhadap nasabah yang sudah terdaftar atas kerugian yang mungkin terjadi dikemudian hari. Misalnya, Anda sudah membayar premi asuransi kesehatan dan ketika Anda sakit dan harus dirawat.

Maka biaya selama di rumah sakit dapat diringankan bahkan dibayarkan oleh perusahaan asuransi menggunakan uang premi yang telah Anda bayarkan di bulan-bulan sebelumnya. Lalu apa itu asuransi kecelakaan diri?

Yakni salah satu jenis asuransi kerugian yang bisa menjamin adanya resiko cacat tetap total bahkan meninggal dunia sebab kecelakaan. Anda bisa mendapatkan perlindungan dari kecelakaan diri dengan menggunakan premi khusus.

Biasanya santunan tunai diberikan terhadap tertanggung atau ahli waris, karena:

1. Meninggal dunia akibat kecelakaan, hilang atau tidak ditemukan pada batas waktu kurang lebih 60 hari sejak kecelakaan terjadi.

2. Cacat tetap total karena langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis.

Lalu, Apa Itu Asuransi Kendaraan?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan bahwa asuransi kendaraan adalah pemberian manfaat yakni ganti rugi atas kerugian juga kerusakan kendaraan bermotor. Akibat tabrakan, perbuatan jahat, terperosok, kebakaran, hingga pencurian.

Indonesia sendiri sudah mengatur hal ini, dalam Undang-Undang Lalu Lintas yang berisikan bawa setiap pengemudi harus menjalankan tanggung jawab atas kerugian pihak lain yang tidak bersalah.

Namun, untuk masyarakat umum yang membeli asuransi bukanlah tujuan memproteksi diri dari berbagai tuntutan pihak lain. Biasanya mereka akan mementingkan kebutuhan dalam merawat kendaraan supaya tetap mempunyai fisik baik.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Memilih tempat asuransi kendaraan tidak semudah itu. Banyak berita yang memberitakan tentang tempat asuransi bodong, ilegal, dan akhirnya membuat nasabahnya rugi bukan hanya jutaan bahkan sampai ratusan juta.

Hal ini tentunya sangat membuat miris dan mengharuskan Anda berhati-hati. Maka Anda harus memilih asuransi mobil dengan pilihan terbaik berikut ini:

1. Cek sesuai kebutuhan kendaraan Anda

Anda harus tahu kebutuhan Anda, tentang kondisi kendaraan Anda baik meliputi, kondisi mesin, usia, body, dan sebagainya yang dianggap harus menjadi pertimbangan.

Saat melihat kondisi kendaraan, maka Anda bisa mudah memilih jenis asuransi kendaran yang tepat bagi kendaraan tersebut.

Ada dua jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih, pertama asuransi All Risk atau Comprehensive. Kedua asuransi Total Loss Only/TLO.

Anda harus tahu, bahwa masing-masing jenis asuransi kendaraan memberikan manfaat juga keuntungan berbeda-beda, sesuai jenis dan fitur layanan yang Anda inginkan.

Anda juga perlu memastikan keuntungan juga bentuk perlindungan apa saja yang diberikan asuransi kendaraan terhadap Anda, jadi Anda tidak akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

2. Lakukan survei terlebih dulu

Setelah Anda tahu kebutuhan kendaraan Anda, baru jalankan survei. Perusahaan asuransi kendaraan memiliki produk baik berkualitas, ada pelayanan yang terbaik juga ada berbagai produk yang bisa Anda pilih.

Cek hal ini antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, nantinya Anda akan tahu mana perusahaan yang cocok dengan Anda.

3. Menyesuaikan kemampuan keuangan Anda

Pembayaran yang diberikan pada premi asuransi kendaraan itu berbeda-beda nominalnya. Pastinya pembayaran juga berpengaruh pada fasilitas juga perlindungan yang Anda perolehan.

Jadi, ada baiknya sesuaikan keuangan Anda dengan berapa biaya premi asuransi yang akan Anda bayarkan.

4. Memilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas

Anda harus memilih lokasi asuransi kendaraan yang ada bengkel rekanan yang luas. Jadi, semakin banyak perusahaan tersebut punya bengkel rekanan, maka Anda bisa mudah dalam proses klaim dan lebih cepat kendaraan Anda ditangani.

Itulah informasi tentang tips memilih perusahaan asuransi. Semoga bermanfaat!

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
balipuspanews android aplikasi
sewa mobil termurah dibali
sewa motor matic murah dibali