Kamis, November 30, 2023
BerandaKarangasemTitik Api Masih Terlihat di Gunung Agung, Total Hutan Terbakar Seluas 500...

Titik Api Masih Terlihat di Gunung Agung, Total Hutan Terbakar Seluas 500 Hektar

KARANGASEM, balipuspanews.com
Kebakaran di areal hutan Gunung Agung berpotensi semakin meluas. Pasalnya, sampai saat ini masih terlihat beberapa titik api di gunung tertinggi di Bali itu. Hingga saat ini, total hutan yang terbakar tercatat 500 hektar lebih.

Berdasarkan data pusat pengendalian operasi BPBD Karangasem pada Senin (2/10/2023), terpantau titik api terendah berada pada ketinggian sekitar 800 MDPL di wilayah hutan Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

“Untuk area hutan terbakar berada di kawasan Bantas, Juntal, Pikat, Anyar, dan Dukuh. Tadi waktu meninggalkan lokasi terpantau hanya tinggal asap-asap tipis saja, mudah-mudahan padam,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Karangasem, I Putu Eka Putra Tirtana.

Ia menambahkan, kebakaran hutan saat ini sudah mendekati kawasan hutan yang dikelola masyarakat. Namun demikian, jarak antara kebun warga dengan titik kebakaran masih cukup jauh sekitar 2 kilometer.

Sementara itu, sejauh ini upaya pemadaman masih menggunakan cara manual seperti pemadaman pada batang-batang pohon yang masih terbakar dengan cara menimbun dengan tanah dan pembuatan sekat bakar.

Penulis: Gede Suartawan
Editor: Oka Suryawan

BACA :  Konsleting Listrik dan Sisa Dupa Jadi Pemicu Utama Peristiwa Kebakaran Bangunan di Karangasem
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular