Tok! Persetujuan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri Diputuskan Komisi III DPR secara Aklamasi

Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri. (Foto : Biro Pemberitaan DPR)
Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri. (Foto : Biro Pemberitaan DPR)

JAKARTA, balipuspanews.com – Komisi III DPR RI menyetujui pencalonan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

Keputusan diambil secara aklamasi setelah Komjen sigit menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di hadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI, Rabu (20/01/2021).

Persetujuan juga dilakukan setelah rapat pleno Komisi III DPR yang dipimpin Ketua Komisi III DPR Herman Herry mendengarkan pendapat akhir dari semua fraksi-fraksi komisi bidang hukum di DPR RI. Sembilan fraksi yang ada di DPR menyatakan persetujuan dalam pandangan fraksinya.

“Dengan demikian, berdasarkan pertimbangan dan catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi. Akhirnya pimpinan dan anggota komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis, dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Herman Herry.

Selanjutnya sambung Herman Herry, hasil keputusan fit and proper test ini akan dibawa dalam rapat paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Yang selanjutnya akan ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI terdekat dan kan diproses susai dengan aturan perundang-undangan,” sebut legislator PDI Perjuangan itu.

Untuk diketahui DPR RI telah menerima Surat Presiden (Supres) dari Presiden Joko Widodo tentang pengajuan calon Kapolri atas nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, pada Rabu (13/01/2020), dan diterima langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Supres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sekertaris Negara (MensekNeg) Pratikno.

Dengan demikian, setelah persetujuan diambil DPR maka selanjutnya calon Kapolri yang telah disetujui oleh DPR akan disampaikan kembali kepada Presiden Jokowi.

Penulis : Hardianto 

Editor : Oka Suryawan