19/09/2020, 2:42 AM
Beranda Lifestyle Inspirasi Tokoh  Hindu Dukung  Peradah Klungkung Kembali Eksis

Tokoh  Hindu Dukung  Peradah Klungkung Kembali Eksis

Klungkung,  balipuspanews. com – Geliat organisasi kepemudaan bernafaskan Hindu diharapakan kembali bangkit dan eksis di Kabupaten Klungkung. Organisasi Hindu yang dimotori pemuda dinilai memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan SDM sekaligus penguatan Hindu di masa yang akan datang. Untuk itu kaderisasi pemuda menjadi solusi kedepan untuk membangun Klungkung.

“Peradah (Perhimpunan Pemuda Hindu)  memiliki peran strategi dalam penguatan karakter generasi muda khususnya di Klungkung. Potensi dan kreativitas  pemuda harus difasilitasi dalam wadah organisasi. Saya yakin Peradah bisa melakukan hal itu, “kata  Tokoh Hindu asal Kabupaten Klungkung   dr. Agus Indra Udayana, Minggu (1/7) di Ashram Gandi Puri, Klungkung disela kunjungan DPP Peradah Indonesia Bali.

Menurutnya, tantangan Hindu kedepan kian kompleks. Peran pemuda dalam wadah organisasi dinilai sangat penting untuk ikut ambil bagian dalam menyumbangkan gagasan, tenaga, pikiran dan waktu untuk membangun SDM Hindu yang handal khususnya di Gumi Serombotan.

Lebih jauh, Indra Udayana yang juga Alumni Peradah Bali tersebut mengakui keberadaanya saat ini aktif sebagai pekerja sosial yang juga mendirikan Ashram Gandi Puri tak terlepas dari nilai dan sistem kaderisasi Peradah sebagai  spirit organisasi Hindu yang turut membesarkan kiprahnya sampai saat ini.

Secara pribadi ia menilai kepengurusan Peradah Bali periode 2015-2018 sudah bekerja maksimal untuk kembali membangkitkan Peradah diseluruh Bali. Apalagi  pasca kevakuman beberapa tahun silam, membangun Peradah di tiap-tiap kabupaten/kota yang dinilainya bukan pekerjaan mudah.

“Semangat beroganisasi dan membangun silahturahmi dengan para alumni serta tokoh Hindu lain juga harus di jaga, “kata pria yang belum lama ini memperoleh Anugerah International DR Abdul Kalam Award 2018 dari  Home  Minister of India tersebut.

Sementara Ketua DPP Peradah Indonesia Bali Ida Ayu Made Purnamaningsih dalam kunjungan tersebut bersama jajaran pengurus lainnya, menjelaskan tujuan kedatangannya untuk membangun dialog dan komunikasi  dengan tokoh-tokoh yang ada di Klungkung. Salah satunya BR Indra Udayana yang dikenal sebagai aktivis dan Tokoh Hindu. Dialog tersebut, kata dia penting untuk membangun silahturahmi, meminta saran dan dukungan agar Peradah Klungkung kembali eksis dan bersinergi dengan semua pihak.

“Kami membuka ruang dan wadah bagi pemuda Hindu di Klungkung untuk ikut ambil bagian dalam membangun SDM dan Hindu melalui Peradah, “katanya. Rencananya dalam waktu dekat, Peradah Klungkung akan aktif melalui Lokasabha yang digelar. Sejauh ini pihaknya masih terua mensosialisasikan Peradah dikalangan pemuda Klungkung. (rls/bpn/tim)

 

 

Foto:Kunjungan DPP Peradah Indonesia Bali ke Ashram Gandi Puri yang disambut langsung oleh BR Agus Indra Udayana, Minggu (1/7).

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play