Kamis, Mei 23, 2024
BerandaKlungkungTOSS Gema Santi Jadi Rujukan Kunjungan Menteri PANRB, Azwar Anas

TOSS Gema Santi Jadi Rujukan Kunjungan Menteri PANRB, Azwar Anas

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung, Kamis (29/12/2022).

Kunjungan menteri yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi ini disambut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta.

Kunjungan diawali ke Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Senter, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung dan dilanjutkan ke Koperasi Unit Desa (KUD) Jaya Werdi Desa Takmung Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

“Kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui dan melihat lebih dekat cara kerja TOSS Center dan program inovasi Bima Juara serta dampaknya bagi masyarakat. Karena sesuai arahan Presiden, inovasi birokrasi harus berdampak kepada masyarakat.

TOSS Center sebelumnya mampu masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement Of Public Services Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 dan Bima Juara yang mendapatkan Top 40 KIPP pada tahun 2018,” ujar Menteri PRB Abdullah Azwar Anas usai menyerahkan bantuan paket sembako kepada sejumlah anak yatim piatu.

Lebih lanjut, Abdullah Azwar Anas mengaku sangat terkesan dan mengapresiasi program inovasi TOSS Center dalam upaya menuntaskan permasalahan sampah dan program Bima Juara dalam mewujudkan kesejahteraan petani dan mengatasi persoalan inflasi daerah.

BACA :  Kelebihan Muatan, Truk Tujuan Lembar Terguling di Desa Antiga

Pihaknya berharap kedepannya teknologi ini bisa dikembangkan lebih baik lagi dan bisa diterapkan di berbagai wilayah termasuk di Nusa Penida.

Sementara itu dalam kesempatannya, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan program TOSS Center dan Bima Juara pada tahun 2018 lalu berhasil masuk top 40 Inovasi Pelayanan Publik, kemudian di tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus.

Untuk tahun ini, TOSS masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement Of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

“Dengan begitu TOSS adalah inovasi program milik Pemkab Klungkung yang tercatat untuk ketiga kalinya masuk dalam kompetisi yang digelar Kemenpan RB,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan terkait upaya Pemda dalam mewujudkan program 100 persen TOSS Desa. Program ini dinilai akan bisa menuntaskan permasalahan sampah khususnya di desa-desa.

Tentunya dengan dukungan para perkebel dan perangkat desa lainnya yang diharapkan bisa melaksanakan program ini secepatnya, untuk mendukung pelaksanaan peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber.

BACA :  Klungkung Youth Fest 6 Akan Segara Digelar

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular