TOSS Klungkung Raih Penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Sangat Terpuji 2022

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyerahkan penghargaan TOP 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 kepada Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta dalam acara
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyerahkan penghargaan TOP 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 kepada Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta dalam acara "Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi” di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022)

SEMARAPURA, balipuspanews.com– Inovasi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang menjadi andalan Pemkab Klungkung kembali lolos dengan TOP 5 Outstanding Achievement of Public Services “Sangat Terpuji” 2022. Program yang digagas oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ini bersaing melawan 3.478 program lain dari seluruh Indonesia.

Dimana Pada tahun 2018 lalu, TOSS berhasil masuk TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik, tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kategori Khusus.

Untuk tahun ini, TOSS masuk dalam TOP 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Dengan begitu TOSS adalah inovasi program milik Pemkab Klungkung yang tercatat untuk ketiga kalinya masuk dalam kompetisi yang digelar Kemenpan RB tersebut.

Selain itu, Inovasi GEBRAK (Gerakan Bersama Remaja Anti Rokok) juga masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dalam acara “Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi” di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dalam arahanya berharap kedepannya lebih difokuskan reformasi birokrasi tematik yakni reformasi birokrasi pengentasan kemiskinan, reformasi birokrasi, reformasi birokrasi.

Peningkatkan investasi, reformasi birokrasi digitalisasi, dan reformasi birokrasi percepatan prioritas aktual Presiden.

Lebih lanjut Top Inovasi Pelayanan Publik terpuji dapat menjadi inspirasi bagi daerah dan instansi lain yang memiliki permasalahan sama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga diminta agar terbuka untuk melakukan transfer pengetahuan bagi instansi yang ingin mereplikasi.

“Selamat bagi instansi yang inovasinya terpilih sebagai top terpuji. Bagi yang belum terpilih, jangan berkecil hati, karena penghargaan terbesar dari berjalannya inovasi bagi penyelenggara pelayanan publik tentunya adalah kepuasan masyarakat,” ucap Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan TOSS ini sudah diyakini secara sistem dengan tetap mempertahankan dan mengembangkan metode pengolahan sampah ini.

Kedepannya Bupati Suwirta lebih memantapkan pengolahan dari hulu sampai hilir ditambah dengan gencarnya pembangunan TPS3R di desa harus lebih digalakkan.

Dirinya bersyukur inovasi TOSS Klungkung kembali masuk Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dan diakui ditingkat nasional. Maka dari itu harus dilaksanakan penuh dan diperkuat dengan peraturan Gubernur Bali.

“Kedepannya akan terus melakukan ekspansi, inovasi dalam inovasi agar menjadi sesuatu yang lebih besar serta terus melakukan proses penyempurnaan sehingga TOSS kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah terutama mengatasi sampah plastik,” harap bupati Asal Nusa Ceningan ini.

Dari hasil penganugerahaan ini akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) yang akan diperuntukan untuk dimaksimal dan memperbaik TOSS dan akan banyak tamu yang datang baik dari pemerintah pusat, daerah maupun kabupaten kota di Indonesia.

Sementara, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, dalam laporannya mengatakan penganugrahan kali ini mengusung tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”.

Berbeda dari sebelumnya, inovasi yang dikompetisikan pada KIPP tahun 2022 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kelompok Umum dan Kelompok Khusus.

Penganugerahan pelayanan publik akan diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022. Dalam kesempatan ini, juga akan diberikan penganugerahan untuk pembina pelayanan publik terbaik.

Turut mendampingi dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung, I Ketut Suadnyana, Kepala Bagian Organisasi I Ketut Arie Gunawan.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta