Kamis, Mei 23, 2024
BerandaNasionalJakartaTouring Kebudayaan Borobudur to Berlin, Ketua MPR RI Dorong Suburkan Toleransi dan...

Touring Kebudayaan Borobudur to Berlin, Ketua MPR RI Dorong Suburkan Toleransi dan Perdamaian

JAKARTA, balipuspanews.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana touring kebudayaan, “Borobudur to Berlin. Global Cultural Journey: Spreading Tolerance and Peace”. Dilakukan budayawan Achmad Ibnu Wibowo, menggunakan sepeda motor. Didukung Daulat Budaya Nusantara.

Perjalanan dimulai pada 20 Mei 2024 dari Candi Borobudur, dan akan dilepas langsung oleh Bamsoet. Perjalanan selanjutnya akan dibagi dalam tiga etape. Fase 1 pada Mei – Oktober 2024. Fase 2 pada Maret – Desember 2025. Serta fase 3 pada Februari – Desember 2026. Mengunjungi sekitar 100 negara dalam lima benua.

“Touring ini sangat kental dengan simbol dan makna. Borobudur merupakan salah satu simbol peradaban dan kebudayaan dunia yang berasal dari Indonesia. Sedangkan Berlin dengan peristiwa runtuhnya tembok Berlin merupakan simbol dari runtuhnya perang dingin yang membawa dunia pada kebebasan. Karenanya, melalui touring ini diharapkan dapat semakin menyuburkan toleransi dan mendorong perdamaian dunia melalui jalur kebudayaan,” ujar Bamsoet usai menerima budayawan Achmad Ibnu Wibowo bersama Daulat Budaya Nusantara, di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Pimpin Upacara Harkitnas Ke-116

Jajaran Daulat Budaya Nusantara yang hadir antara lain, KP. H. Teguh Haryono, KP. Benny Z. Kurniawan, Achmad Ibnu Wibowo, Much. Mucharom, KRT. Heris Heryanto, dan Faisal.

Bamsoet menjelaskan, di setiap negara yang disinggahi, akan diselenggarakan malam kebudayaan. Bekerjasama dengan KBRI serta para budayawan dari negara setempat. Sehingga bisa mensosialisasikan pentingnya toleransi dan perdamaian sebagai nilai-nilai fundamental. Berakar pada keyakinan bahwa di dunia ini kita tidak hidup sendirian. Sehingga kolaborasi dan gotong royong sangat diperlukan. Sebagaimana cerminan semboyan nasional Bhineka Tunggal Ika.

“Tidak hanya bertemu para budayawan, perjalanan ini juga akan mendokumentasikan wilayah yang dikunjungi melalui foto, film, video dokumenter yang akan dipublikasikan melalui beragam media sosial seperti YouTube dan Instagram. Termasuk menulis artikel untuk dipublikasikan ke beragam media secara periodik,” jelas Bamsoet.

Selain touring Borobudur to Berlin, Daulat Budaya Nusantara juga menyelenggarakan beragam kegiatan budaya lain. Pada 7 Mei 2024 akan diselenggarakan wayangan, “Ruwatenang Nagarana. Membangun Peradaban Masyarakat Merdeka”, di Ndaleman Yudhonegaran, Yogyakarta. Dalang Ki Suwondo, menampilkan narasi Lakon Makukuhan yang mengisahkan Prabu Makukuhan, seorang raja titisan Bathara Wisnu, yang berkuasa di negara Purwacarita (Medhangkamulan).

BACA :  Libatkan Partisipasi Warga, Bupati Karangasem Buka Vaksinasi Rabies di Desa Datah

“Ruwatan ini menjadi simbol proses pembebasan keburukan yang melingkupi kehidupan. Mengganti energi negatif dengan energi positif. Menjaga pelita budaya agar selalu menjadi jati diri bangsa,” pungkas Bamsoet.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular