TP PKK Bantu Bibit Tanaman untuk Dukung Ketahanan Pangan

Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada kader PKK Desa
Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada kader PKK Desa

JEMBRANA, balipuspanews.com– Mendukung penguatan ketahanan pangan keluarga dan mengedukasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan tim penggerak PKK Kabupaten Jembrana menyalurkan bantuan bibit tanaman kepada kader PKK Desa di 5 desa se-Kabupaten Jembrana.

Penyerahan bantuan tersebut secara langsung diserahkan Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba secara maraton, mulai tanggal (9/9/2022) hingga berakhir, Rabu (14/9/2022).

Penyerahan diawali dari diawali di desa Delod Berawah, Gumbrih, Ekasari, Dangin Tukadaya dan yang terakhir di Desa Baluk.

Adapun rincian bantuan tanaman yang diserahkan terdiri dari bibit alpukat 54 pot, bibit cabe 100 pohon, pepaya 240 pohon, terong 100 pohon, tomat 100 pohon dan bibit cempaka sebanyak 50 pohon.

Usai penyerahan tersebut, Ny. Candrawati Tamba menyampaikan bahwa bibit tanaman Aku Hatinya PKK yang diserahkan ini berasal dari bantuan BKK Provinsi Bali yang diperuntukan untuk kader PKK di setiap desa di 5 kecamatan se-Jembrana sebagai penguatan ketahanan pangan keluarga disamping juga untuk pemanfaatan lahan pekarangan pada setiap rumah tangga.

“Tolong tanaman ini dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga bisa membantu ketahanan pangan keluarga masing-masing. Disamping itu juga diperhatikan keberlanjutannya, ini kan tanaman berbuah dan berbiji, nanti bijinya bisa ditanam kembali untuk menghasilkan bibit yang lebih banyak. Sekali lagi, semoga ini dapat memberikan manfaat dan diharapkan dapat terbentuknya halaman Aku Hatinya PKK,” ucapnya.

Selain itu menurutnya kegiatan ini juga dapat menambah perekonomian masyarakat.

“Jika hasilnya lebih bisa dijual dan menampah pendapatan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Baluk mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit tanaman ini.

“Bibit tanaman ini segara kami salurkan kepada kader ditingkat banjar, dan apa yang menjadi arahan Ibu Ketua juga akan kami sampaikan kepada seluruh kader di desa, sehingga betul-betul sesuai dengan yang diharapkan yakni terbentuk halaman Aku Hatinya PKK,” pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan