TP PKK Desa Dalung Dinilai Tim Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi Bali

Wakili Kabupaten Badung

34
Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster bersama Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta saat menghadiri penilaian terhadap Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, pada lomba Kesatuan Gerak (kesrak) PKK KKBPK Kesehatan dan Lomba-Lomba PKK Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018, Rabu (5/12) di Wantilan Serba Guna Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara.

Mangupura-Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Bali melakukan penilaian terhadap Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, pada lomba Kesatuan Gerak (kesrak) PKK KKBPK Kesehatan dan Lomba-Lomba PKK Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018. Penilaian berlangsung Rabu (5/12) di Wantilan Serba Guna Desa Dalung, Kuta Utara.

Rombongan tim penilai langsung dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster. Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Putu Gede Sridana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung I Putu Eka Merthawan, Camat Kuta Utara A.A Ngurah Arimbawa, Perbekel se-Kecamatan Kuta Utara, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ny. Ayu Parwata, Wakil Ketua TP PKK Badung Ny. Kristiani Suiasa.

Dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dalung Ny. Suartini Arif Wirtya, menyampaikan terima kasih atas penilaian yang dilakukan TP PKK Provinsi Bali.

Menurutnya, program PKK Desa Dalung terinpirasi dari kebijakan Program yang telah diterapakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dengan Konsep Tri Kona “Lahir, Hidup, dan Mati”.

“Konsep itu kami terapakan dalam kegiatan kesatuan gerakan PKK, pelaksanaan Posyandu, mewujudkan Lingkungan Bersih, Mengedukasi Masyarakat untuk berlaku Hidup Bersih dan Sehat. Dan kami juga melakukan sosialiasi pembentukan Bank Sampah dengan melibatakan unsur Kelian Banjar Dinas/Perangkat Desa, Kelompok PKK Banjar, Bendesa Adat dan juga kelompok yang lainnya yang ada Di wilayah Desa Dalung,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ny. Suartini Arif Wirtya pun menjelaskan secara gamblang berkenaan pelaksanaan evaluasi sesuai dengan jenis lomba yang akan dievaluasi di Desa Dalung, yaitu kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan, pelaksanaan posyandu, lingkungan bersih dan sehat, perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami berharap kepada para rekan yang mendampingi tim pembina, mohon kiranya dapat memberikan informasi, dan penjelasan yang dibutuhkan serta menyimak dengan sebaik-baiknya arahan dari tim pembina,” katanya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Bali beserta rombongan Tim Penilai dalam rangka lomba Kesatuan Gerak PKK – KKBPK Kesehatan Kesehatan dan Lomba-Lomba PKK Tingkat Provinsi Bali tahun 2018 di Kabupaten Badung.

“Saya selaku pemerintah memberikan apresiasi atas terselenggaranya penilaian ini,” ujarnya.

“Lomba-lomba yang dilakukan bukan semata-mata untuk mengejar juara melainkan untuk menggali potensi desa/kelurahan, memperbaiki kekurangan dan mengembangkan kelebihan-kelebihan demi kesejahteraan masyarakat desa,” imbuh Adi Arnawa.

Lebih lanjut dikatakan, melalui sepuluh program PKK sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti adanya kelompok pesantian, kursus atau latihan membuat jajan, kursus kecantikan dan sebagainya.

“PKK bekerjasama dengan perangkat daerah terkait memberikan pembinaan dan turun langsung ke rumah penduduk melihat kondisi rumah untuk tetap terlihat bersih dan sehat,” tandasnya.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergitas antara TPP PKK tingkat provinsi Bali, kabupaten, kecamatan, hingga ke tingkat desa.

Menurut dia, melalui sinergitas yang dilakukan bisa lebih menyejahterakan masyarakat. Pihaknya juga berpesan siapapun yang mewakili ke tingkat nasionnal, bisa memberikan yang terbaik untuk Bali.

Dalam upaya meningkatkan peran TP PKK dalam pembangunan, pihaknya berharap kerjasama dengan stakeholder terkait. Menyangkuta soal anggaran pun, diharapkan agar ada perhatian serius, khususnya di Kabupaten Badung.

“Anggaran PKK kabupaten Badung mohon ditingkatkan, karena pendapatan di Badung luar biasa. Suatu saat diharapkan kabupaten lain studi bandingnya cukup ke Badung. Begitu juga ada hal-hal baik, kenapa tidak Badung bisa belajar ke sana (kabupaten lain di Bali, red),” pesannya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bibit kelapa oleh Ketua TP. PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster yang diterima secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten badung Ny. Seniasih Giri Prasta. (rls/bpn/tim)

 

 

 

Loading...