Tim Penggerak PKK Kota Denpasar mendapat sosialisasi terkait kegiatan Pokja I, II, III dan IV oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Senin (16/9) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar
Tim Penggerak PKK Kota Denpasar mendapat sosialisasi terkait kegiatan Pokja I, II, III dan IV oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Senin (16/9) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Tim Penggerak PKK Kota Denpasar mendapat sosialisasi terkait kegiatan Pokja I, II, III dan IV oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Senin (16/9) di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar.  Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya di buka secara resmi oleh Sekretaris PKK Provinsi Bali Kadek Suastini di dampingi Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara. Dilanjutkan dengan penyerahan Leafter HIV Positif dari PKK Provinsi ke PKK Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Kerti Rai Iswara mengatakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokok PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Sehingga  Pogram-pogram yang dicanangkan sesuai dengan Rakernas VII tahun 2015.

Lebih lanjut dikatakan, pemberdayaan keluarga adalah upaya bimbingan dan pembinaan kepada keluarga dalam meningkatkan kemampuan keluarga untuk hidup sehat sejahtera lahir dan batin. Gerakan PPK akan dapat berjalan dengan baik apabila di dukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas. “Oleh karena itu kemampuan kedepan PKK harus ditingkatkan dan di perbaharui sehingga mampu mengatasi isu-isu strategis permasalahan keluarga dewasa ini,” ungkap Ny. Kerti Rai Iswara.

Dalam acara tersebut ada 4 isu strategis yang menjadi materi sosialisasi. Pertama adalah pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga (PAAR Cinta Kasih), dengan sasaran 50 kader Dasawisma. Sebagaimana diketahui di era digitalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih sehingga mempermudah seseorang untuk memperoleh berbagai informasi yang dapat mengubah nilai pola hidup seseorang.

Perubahan pola hidup seseorang akan  banyak menimbulkan berbagai masalah sosial kemasyarakatan. Selain itu pola hidup juga disebabkan karena berubahnya sikap orang tua terhadap anaknya dan pola asuh yang diterapkan dalam mendidik anak dan remaja. Mengatasi permasalahan itu Tim Penggerak PKK Kota Denpasar membuat inovasi Simeling Ceria (Sistem Mobil Konseling Denpasar Ceria) yang memfasilitasi masyarakat di Kota Denpasar yang ingin mencurahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak menimbulkan beban berkepanjangan.

Materi kedua Ny. Kerti mengaku diberikan terkait tentang pemahaman perkoperasian kepada kelompok UP2K PKK dengan sasaran 90 orang pengelola dan pelaksana UP2K PKK yang terdiri dari unsur pelaku usaha baik dibidang pertanian, kerajinan, olahan makanan, simpan pinjam dan sebagainya. Materi ketiga pogram Pokja III dengan sasaran 40 orang kader pangan, kader sandang dan kader perumahan. Dalam penerapan Pokja III semua kader didorong untuk mengimplementasi pada semua keluarga, selama ini pemahaman masyarakat terkait dengan pangan hanya bertumpu pada sumber karbohidrat beras, padahal potensi sumber pangan lokal daerah melimpah. Untuk merangsang minat masyarakat mengkonsumsi pangan lokal baik sumber karbohidrat, protein hewani dan nabati yang menambah gizi keluarga dapat dilakukan melalui pemanfaatan Taman “Hatinya” PKK. Sedangkan untuk materi keempat adalah Posyandu dengan sasaran 20 orang terdiri dari pengelola dan pelaksana Posyandu.

Dalam kesempatan ini Ny. Kerti Rai Iswara juga menyampaikan keberhasilan Tim Penggerak PKK Kota Denpasar dalam pelaksanan kegiatan Pokja I, II, II dan IV adalah sebagai berikut Pakerti Utama II Bidang Tertib Administrasi tahun 2015 diraih oleh Desa Sanur Kaja, Pakarti Utama I Bidang Lingkungan Bersih dn Sehat Tahun 2015 diraih oleh Kelurahan Sesetan, Pakerti Utama I Bidang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tahun 2016 diraih oleh Kelurahan Penatih, Pakerti Utama I Bidang Tertib Administrasi Tahun 2017 diraih oleh Kelurahan Penatih, Pakerti Utama II Bidang IVA Test Tahun 2018 diraih oleh Kelurahan Pedungan dan Pakarti Utama I Bidang Lingkungan Bersih dan Sehat Tahun 2019 diraih oleh Kelurahan Kesiman. “Melalui sosialisasi ini besar harapan saya dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,’’ harapnya.

Sementara Sekretaris PKK Provinsi Bali Kadek Suastini memberikan apresiasi kepada Kader PKK Kota Denpasar karena terus menjaga eksistensinya agar gerakan PKK semakin maju dan jaya untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera. Menurutnya gerakan PKK dapat berjalan dengan baik apabila di dukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas, lingkungan yang terus berubah, perkembangan teknologi dan derasnya informasi di era globalisasi mengubah prilaku masyarakat.  Oleh karena itu kapasitas kader PKK harus ditingkatkan di perbaharui sehingga mampu mengatasi isu-isu strategis permasalahan keluarga dewasa ini. “Sehingga melalui sosialisasi ini kami berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya,’’ ujarnya, (rls/bpn).