TPS Terpadu
TPS Terpadu
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com – Upaya pengolahan sampah di masing-masing desa dengan membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Terpadu, masih belum maksimal. Terbukti masih ada YPS Terpadu yang belum beroperasi. Seperti TPS Terpadu di desa Dangin Tukadaya, Jembrana.

Meski sudah selesai dibangun tahun 2017 dengan mengunakan APBDes namun hingga kini masih belum beroprasi. Akibatnya bangunan yang berlokasi diareal Setra desa setempat sepi aktifitas. Tidak ada kegiatan pembuangan, pemilahan maupun pengolahan sampah. BVelum beroperasinya TPS terpadu itu memngakibatkan sampah banyak dijumpai dipingaran sungai yang berada dibarat TPA.

Penyebab belum beroprasinya TPS terpadu itu selain belum tersedia petugasmaupun sarana pengangkut serta mesin pencacah sampah didesa yang memilki 5 banjar itu. Kondisi yang sama juga terjadi diTPS Terpadu desa Penyaringan, Mendoyo. TPS yang juga dibangun 2017 lalu juga belum berjalan maksimal. Memang sempat beroperasi sebatas menampung sampah plastik (non organik) yang berasal dari beberapa banjar didesa tersebut.

Lantaran terkendala petugas angkut sampah dari rumah-rumah warga ke PS, membuat proses penampungan maupun pemilahan, tersendat – sendat Sebelumnya Kadis LHKP Pemkab Jembrana Wayan Sudiarta mengakui ada beberapa TPS Terpadu, masih belum jelan,. Rencananya tahun ini dibantu dengan mesin pencacah termasuk sarana pendukung lainnya. Tetapi karena keterbatasan anggaran di perubahan, bantuan sarana untuk TPS belum berjalan, “ Kemungkinan untuk mendukung jalannya TPS terpadu, diusulkan dianggaran induk 2020,” ujarnya. (nm/bpn/tim)