Sabtu, Juli 13, 2024
BerandaKlungkungTradisi Nyepi Segara, Aktivitas di Laut Nusa Penida Sepi

Tradisi Nyepi Segara, Aktivitas di Laut Nusa Penida Sepi

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Suasana tak seperti biasa terlihat hari ini di seluruh pelabuhan yang ada di Nusa Penida. Pelabuhan yang biasanya dipenuhi pengunjung, kini terlihat sepi dan tanpa aktivitas.

Hal tersebut disampaikan Wadanramil Nusa Penida Kapten Inf I Gede Putra Yadnya saat melaksanakan pemantauan di seluruh akses keluar masuk Nusa Penida, Selasa (11/10/2022).

Saat ditemui wartawan, Kapten Gede mengatakan bahwa hari ini digelar Tradisi Nyepi Segara yang merupakan tradisi yang setiap setahun sekali, sehingga di perairan Nusa Penida seluruh aktivitas warga di laut ini dihentikan, termasuk area penyeberangan.

“Pelaksanaan Nyepi Segara (laut) ini adalah bentuk penghormatan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manisfestasinya sebagai Dewa Baruna yang merupakan penguasa lautan serta untuk menjaga hubungan antara manusia dengan alam,” terangnya.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan pemantauan untuk memastikan pelaksanaan tradisi nyepi segara ini berjalan dengan baik.

Dikonfirmasi melalui seluler, Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si pun membenarkan tentang pelaksanaan tradisi nyepi segara ini.

BACA :  Semifinal Copa America: Alvarez, Messi Bawa Argentina ke Final

Dirinya menyampaikan bahwa pelaksanaan tradisi ini dimulai dari pukul 06.00 WITA dan berakhir pada esok hari.

“Semua aktifitas laut dihentikan, baik para nelayan maupun aktivitas penyeberangan,” jelasnya.

Tradisi Nyepi Segara ini merupakan wujud syukur dan penghormatan kepada sang pencipta dan laut pada khususnya.

“Tradisi ini juga merupakan cara  warga setempat menetralkan kembali perairan laut,” ujarnya.

Inilah salah satu tradisi di wilayah ini yang terus lestari.

“Ini sebagai wujud persahabatan dan keharmonisan manusia dengan alam, disamping dengan sesama dan sang penciptanya,” pungkas Dandim.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular