Trail Adventure BATA 4 Diikuti Ratusan Peserta

Ratusan peserta ikuti Trail Adventure BATA 4 di Buleleng.

SINGARAJA, balipuspanews.com — Sebanyak kurang lebih 900 peserta Trail Adventure, memacu adrenalin pada event Bali Aga Trail Adventure (BATA) pada gelaran ke-4 di lintasan yang mengitari 5 Desa Bali Aga di Buleleng yaitu Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, dan Banyuseri (SCTPB) sepanjang 80 kilometer. Para peserta terlihat begitu berantusias saat menjajal motor trailnya masing-masing. Trail Adventure ini mengambil start di Lapangan Mayung, Yeh Embung, Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Minggu (30/6) pagi.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST turut melepas para rider di garis start bersama dengan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, SH, Dandim 1609/Buleleng Letkol Infanteri Verdy De Irawan, SH., M.Tr (Han), FKPD Kabupaten Buleleng, Camat Banjar Ketut Darmawan, SmSp, serta beberapa Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Dalam sambutannya, Bupati Suradnyana mengatakan daerah yang bergeografis nyegara gunung seperti di Buleleng ini sangat cocok dan layak dijadikan tempat kegiatan penjelajahan alam dan olahraga ekstrem serta menantang khususnya dengan motor trail. Terebih kawasan desa Bali Aga yang ada di Kecamatan Banjar ini kondisi alam dan masyarakatnya yang ramah benar-benar cocok untuk event trail adventure.

“Selain menjadi ajang silaturahmi bagi crosser, event ini juga meningkatkan rasa persaudaraan dan kesetiakawanan,” katanya.

Lebih lanjut dirinya berharap, melalui event seperti ini, diharapkan nantinya dapat membantu mempromosikan daerah-daerah yang memiliki potensi wisata. Pemkab Buleleng tidak akan ada henti-hentinya untuk berupaya dalam mengembangkan sektor pertanian dan pariwisata. Karena kelima desa ini, memiliki ciri khas tersendiri, seperti bahasa, adat, dan budayanya.

“Ini sungguh luar biasa, seluruh masyarakat Bali sekarang sudah tau dimana letak Desa Pedawa, mudah-mudahan acara ini bisa memberikan vibrasi terhadap ketertiban berlalulintas serta kegiatan pariwisata,” katanya.

Sementara itu, ditemui di sela-sela acara, Ketua Panitia BATA Kadek Yogi Suliartana menjelaskan para crosser tidak hanya berasal dari Buleleng saja, tetapi ratusan peserta ini berasal dari seluruh Bali, bahkan beberapa yang hadir dari Jawa Timur juga. Tujuan dari event ini agar kedepannya ada wisata-wisata yang terbangun dan mampu meningkatkan ekonomi rakyat di kawasan SCTPB.

“Masyarakat SCTPB sangat kompak dan solid dalam membantu mensukseskan acara yang kami buat,” ujarnya.

Selain trail adventure, terdapat kegiatan bakti sosial yaitu penyerahan bantuan tas dan alat tulis kepada  siswa yang kurang mampu. Bakti sosial ini diselenggarakan oleh Pangdam IX/Udayana, Pelindo, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan diserahkan langsung kepada 50 orang per desa dari kelima desa tersebut.

“Semoga di tahun berikutnya, kita bisa menyelenggarakan BATA yang ke-5,” pungkasnya.