Transfer Dana Pusat Berkurang, DPRD Minta Bupati Tidak Refocusing Anggaran Dewan

Pembahasan anggaran berlangsung alot karena APBD 2022 berkurang dari tahun sebelumnya karena transfer dana pusat berkurang
Pembahasan anggaran berlangsung alot karena APBD 2022 berkurang dari tahun sebelumnya karena transfer dana pusat berkurang

BANGLI, balipuspanews.com – DPRD Kabupaten Bangli menggelar Rapat Gabungan Komisi Terkait Pembahasan APBD 2022, Kamis (25/11/2021). Dalam rapat tersebut terungkap bahwa APBD Bangli tahun 2022 mengalami perubahan yang cukup signifikan yang semula berjumlah Rp 1,3 triliun kini menjadi Rp 1,1 triliun.

Wakil Ketua DPRD Bangli dari fraksi Golkar, Nyoman Budiada ketika dikonfirmasi seusai rapat menyebutkan, terjadinya perubahan APBD Bangli tahun 2022 dikarenakan adanya penyesuaian dari Bupati Bangli.

“Penyesuaian dilakukan karena kurangnya dana dari pusat. Dan kedua untuk tenaga P3K serta ASN yang kemarin lulus itu gajinya tidak dianggarkan dari pusat. Nah itulah yang menyebabkan terjadinya pengurangan anggaran kegiatan yang lain sekitar Rp 25 milyar lebih,” ungkap Budiada, Kamis (25/11/2021) Sore.

Lanjut Politisi asal Kintamani ini, sementara total gajih dan tunjangan yang seharusnya disiapkan Pemda untuk P3K dan ASN berjumlah sekitar Rp 50 miliar lebih. Sementara untuk saat ini, Pemda baru menganggarkan selama 6 bulan.

Disampaikan pula, rapat yang berlangsung cukup alot. Itu lantaran dalam rapat tersebut aspirasi dari DPRD Bangli tidak ada yang terserap alias (nol).

“Aspirasi kita (DPRD Bangli) dinolkan, makanya tadi agak terjadi debat yang luar biasa. Karena apa, DPRD kan sudah jelas tugas fungsinya adalah membahas dan menyetujui APBD. Jadi kok kita menyetujui APBD padahal kita tidak dapat apa-apa. Disini kita kan ditugaskan oleh rakyat untuk memperjuangkan aspirasi-aspirasinya,” ucap Budiada.

“Jadi pada intinya kami meminta kepada saudara Bupati agar tidak merefocousing dana yang Rp 7 miliar itu untuk kepentingan-kepentingan teman-teman di DPRD,” imbuhnya.

Politisi yang juga Wakil Ketua Bidang OKK DPD II Golkar Bangli ini juga menegaskan, dalam rapat tersebut fraksi Golkar dan fraksi NasDem belum menyetujui penetapan APBD sampai besok.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan

 

 

 

 

 

 

 

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version