Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBangliTrobosan Toya Devasya Batur, Kintamani, Bangli Tarik Wisatawan dengan Launching Harbour di...

Trobosan Toya Devasya Batur, Kintamani, Bangli Tarik Wisatawan dengan Launching Harbour di Pergantian Tahun

Obyek wisata air panas Toya Devasya, Batur, Kintamani, Bangli mengisi pergantian tahun 2020 ke 2021 dengan melaunching Harbour. Kreativitas manajemen obyek wisata di tepi Danau Batur diharapkan bisa menarik kedatangan wisatawan domestik dan mancanegara. Seperti apa?

OKA SURYAWAN, Kintamani

Dua orang pengunjung Toya Devasya nampak terlihat selfie di depan Danau Batur areal wisata air panas, Kamis (31/12/2020) malam. Keduanya ingin mengabadikan moment pergantian tahun di obyek wisata yang menjadi ikon pariwisata Bangli dan Bali itu.

Saat malam terakhir di penghujung tahun 2020 tersebut, manajemen Toya Devasya juga punya acara khusus yaitu launching harbour. Sejak pagi hingga petang, karyawan Toya Devasya sudah mendekorasi lokasi harbour yang peresmiannya dihadiri oleh Muspida Bangli.

General Manajer Toya Devasya, Dr. I Ketut Mardjana kepada balipuspanews.com menyebutkan, untuk menunjang kegiatan dermaga juga disediakan toya coffee, Italian Food, bar, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Malam ini berbarengan dengan penutupan tahun 2020 dan menyambut tahun 2021, maka diresmikan Toya Harbour ini. Semoga pariwisata kita cepat membaik,” kata Mardjana.

BACA :  Tekan Penyebaran Rabies, Pemkab Bangli Jalin Kerjasama Dengan Yayasan Bali Animale Welfare

Mantan Dirut PT Pos itu menambahkan, karena harbour ini tempatnya di dermaga tentu memiliki daya tarik yang luar biasa.

“Ini bisa menjadi tempat favorit untuk berfoto di Toya Devasya,” kata Mardjana.

Pria asal Batur, Kintamani ini menyebutkan, dari harbour pengunjung bisa melihat Danau Batur, Bukit Abang, perbukitan Kintamani yang viewnya sangat luar biasa.

“Kedepan ini bisa dijadikan dinner sampai jam 23.00 malam. Tamu-tamu yang menginap disekitar Geopark Batur bisa datang untuk dinner. Tamu yang menginap di Ubud juga bisa datang khusus ke sini,” sambung Mardjana.

Ditanya harbour diresmikan di waktu pergantian tahun, Mardjana menyebutkan itu bagian dari kreativitas ide pihak Toya Devasya.

“Obyek wisata yang menarik akan bisa menarik wisatawan ke sini (toya devasya -red),” ujarnya.

Disinggung nantinya akan ada pemasaran paket masuk termasuk menggunakan harbour ke areal danau seperti desa Trunyan, Mardjana mengakui semuanya akan bersinergis.

“Kalau soal pemasaran semuanya lewat digital marketing yaitu Medsos. Kalau nanti ada paket, kita ingin nyata bentuknya,” sambung Mardjana.

BACA :  Ikon Pariwisata Indonesia, Bali Tuan Rumah Event MNE dan IMSS Tahun 2025

Ditanya harapan kepada Bupati Bangli terpilih dalam hal ini Sang Nyoman Sedana Artha, pihaknya sebagai pelaku pariwisata sangat yakin ada perhatian.

“Antusias Beliau yang diungkapkan saat kampanye yang akan menjadikan pariwisata sebagai leading sektor, dimana sektor-sektor lainnya baik pertanian, perikanan, industri akan saling terkait. Dengan komitmen itu, saya optimis dengan pembangunan pariwisata Bangli,” sebutnya.

Lebih jauh kata Mardjana, selaku Ketua PHRI, ketua badan promosi pariwisata daerah, sebagai pelaku pariwisata, pihaknya berharap bupati Bangli yang baru melakukan upaya untuk mengurangi beban biaya pariwisata.

Mardjana langsung menyorot tentang adanya punggutan retribusi yang secara psikologis mengesankan berwisata ke Bangli khususnya ke Kintamani itu mahal.

“Punggutan-pungutan yang ada hendaknya dihapuskan. Akan lebih baik jika pariwisata semakin dikembangkan dan pada akhirnya punggutan PHR sebesar 10 persen bisa didapatkan dari usaha pariwisata,” sebut Mardjana.

Peresmian harbour ditandai dengan penguntingan pita, pemotongan tumpeng hingga penandatanganan prasasti oleh Kejari Bangli, Kapolres Bangli, pihak eksekutif, dan Dandim.

Secara khusus Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengapresiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang diterapkan manajemen Toya Devasya Batur, Kintamani, Bangli.

BACA :  Pemkab Bangli Gandeng BPD Gelar Pasar Tani Serangkaian Hari Raya Galungan dan Kuningan

“Kami melihat bahwa protokol kesehatan yang diterapkan di Toya Devasya cukup bagus. Dari mulai pintu masuk sampai di spot yang ada,” kata Kapolres.

Pihaknya juga memuji pihak Toya Devasya, dimasa pandemi ini bisa tetap mengeliat dan terus menelorkan ide kreatif sehingga muncul program harbour.***

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular