Tunggu Perintah, Kasal Margono Siap Bantu Amankan MotoGP 

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M saat ditemui di Lovina, Buleleng
Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M saat ditemui di Lovina, Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Indonesia akan bersiap menjadi tuan rumah untuk seri balapan kedua MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 mendatang. Sebagai tuan rumah tentunya persiapan khususnya dibidang pengamanan perlu dipersiapkan dengan baik di wilayah darat, udara, dan laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (AL), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M mengaku bahwa untuk pengamanan khususnya diwilayah laut, dirinya belum menerima perintah langsung dari Panglima TNI untuk melaksanakan pengamanan menjelang gelaran MotoGP dan saat ini masih menunggu perintah dari atasannya terkait hal itu.

“Jika Panglima TNI memerintahkan TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pengamanan maka kita akan siap,” ujarnya saat melaksanakan kunjungan di Wilayah Lovina, Buleleng, pada Selasa (22/2/2022) petang.

Bahkan Kasal Yudo mengatakan jika selama ini pihaknya telah melakukan Patroli rutin serta operasi keamanan mengunakan kapal milik TNI AL sudah selalu dilaksanakan disekitar Wilayah Laut Nusa Tenggara Barat untuk menjaga keamanan wilayah perairan.

Sehingga jika ada perintah maka pihaknya akan langsung melakukan pergeseran pasukan untuk melaksanakan pengamanan disekitar wilayah yang diperintahkan.

“Kita akan koordinasi terus tentunya sebagai antisipasi dari tindakan-tindakan yang akan mengganggu jalannya MotoGP khususnya bagian laut yang akan kita antisipasi,” jelasnya.

Saat disinggung apakah nantinya saat gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pengamanan akan menggunakan kapal induk. Pihaknya menegaskan jika cukup memakai kapal-kapal yang sering dipakai untuk patroli keamanan laut milik TNI AL.

“Kita kan tidak punya kapal induk jadi tidak ada kapal induk cukup kapal-kapal patroli saja,” tandasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan