Bupati Sumatri
Bupati Sumatri
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, Balipuspanews.com – Kabupaten yang berada diujung timur Pulau Dewata mulai terus berbenah, kali ini tidak hanya mempercantik kawasan destinasi wisata saja, guna Umenunjang Desa wisata di Kabupaten Karangasem juga bakalan dibuat seribu museum.

Rencana pembuatan seribu museum itu diutarakan langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri ketika berbincang bersama sejumlah awak media pada Kamis (23/05/2019).

“Ya nanti kita akan melaksanakan louncing seribu musium di Karangasem,” ujarnya.

Seribu musium itu dijelaskan Mas Sumatri berupa musium hidup yang menceritrakan suatu perjalan atau tahapan dari tradisi yang ada di masing – masing Desa Adat di Karangasem. Misalnya seperti banten upakara dalam suatu upacara. Banten ada tiga tingkatan yaitu utama, madya dan nista.

Utama artinya tingkatan paling tinggi, Madya tingkatan upaka menengah dan Nista tingkatan sarana upakara paling sederhana atau paling bawah. Tingakatan inilah yang akan diceritrakan melalui musium dengan contoh jenis banten sesuai dengan tingkatannya.

Dikatakan Bupati Mas Sumatri, didalam satu Desa adat bisa ada hingga 5 museum tergantung seberapa budaya tradisi yang ada didesa bersangkutan. Disatu sisi melalui Museum – museum ini juga diharapkanbisa menjadi sarana pendidikan untuk generasi penerus sehingga sejak dini anak anak tau akan tradisi dan budaya yang ada di desa mereka masing – masing. (suar/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here