Turuni Lereng Gunung Agung, Bule AS Terpleset dan Jatuh ke Jurang

Ilustrasi jatuh dari gunung. (Sumber: paroki benlutu)
Ilustrasi jatuh dari gunung. (Sumber: paroki benlutu)

KARANGASEM, balipuspanews.com – WNA Amerika Serikat (AS) berinisial Kevin H,51, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat turun dari lereng Gunung Agung, di Karangasem, Bali, Jumat (18/11/2022).

Informasi yang diperoleh, sebelum musibah itu terjadi, korban diketahui melaksanakan aktivitas pendakian ke gunung tertinggi di Bali itu pada Kamis (17/11/2022) malam melalui jalur pendakian Pura Pengubengan, Besakih didampingi oleh seorang pemandu lokal.

Naasnya, pagi ini (Jumat, red) saat dalam perjalanan menuruni lereng Gunung Agung, korban dikabarkan mengalami kecelakaan terpleset dan jatuh ke jurang diketinggian sekitar 2.700 MDPL.

“Setelah kami menerima informasi tersebut, sejumlah pemandu lokal langsung naik disusul oleh tim SAR gabungan sebanyak 11 orang personil untuk melaksanakan evakuasi,” kata Wakil Ketua Pos Tiket Pendakian Gunung Agung di Pura Pengubengan, I Ketut Winarta kepada awak media.

Baca Juga :  Disdukcapil Denpasar Raih Penghargaan Pelayanan Prima

Dari informasi yang pihak Pos pendakian terima, sebelum kejadian pemandu yang mendampingi sempat memberikan instruksi kepada korban agar tidak berlari menuruni lereng, namun sayangnya arahan pemandu tersebut tidak diindahkan, korban tetap berlari hingga akhirnya terpleset dan jatuh ke jurang.

Sementara itu, sejumlah pemandu yang ikut naik untuk melakukan evakuasi akhirnya menemukan korban. Saat ditemukan, awalnya korban dikatakan masih bisa berkomunikasi namun sesaat kemudian korban tidak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia sekitar pukul 14.00 WITA.

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi terhadap korban masih berlangsung. Evakuasi dilakukan oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari unsur, Basarnas, BPBD, TNI/Polri beserta pemandu lokal.

Baca Juga :  Nelayan Tangkap di Sanur Dapat Bantuan Pakan Ayam

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan