Kepala Bidang Holtikultura I Gede Subudi didampingi Kasubbag Humas Pemberitaan, Gustri.
sewa motor matic murah dibali
SINGARAJA, balipuspanews.com — Upaya untuk mengembangkan pertanian ramah lingkungan berbasis organik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pertanian Kembali menggelar Twin Lake Festival (TLF) Buyan dan Tamblingan ke-6 tahun 2019.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Holtikultura I Gede Subudi, SP yang dalam kesempatan ini mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng saat menggelar Jumpa Pers dengan awak media yang ada di Buleleng, Senin (1/7).
Gelaran TLF Buyan dan Tamblingan mengambil tema Back to Nature yang artinya kembali ke alam. selain tujuan terhadap pengembangan pertanian berbasis organik, TLF Buyan dan Tamblingan juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara untuk hadir di danau kembar, satu-satunya yang ada di Bali Utara.
Menurutnya, Gelaran TLF Buyan dan Tambilngan Ke IV Tahun 2019 ini hampir sama dengan TLF tahun – tahun sebelumnya. Hanya saja perbedaannya dimana TLF tahun ini tempatnya cukup luas  dari tahun sebelumnya.
”TLF tahun ini tempatnya sudah semakin luas, hal ini dikarenakan adanya beberapa tanah disekitar pelantaran pura dan danau sudah mengalami pemerataan sehingga seluruh kegiatan TLF khususnya di Kawasan Danau Buyan jauh lebih luas,” ungkapnya.
Imbuh Subudi, gelaran TFL Buyan dan Tamblingan juga melibatkan petani-petani muda seluruh Bali dan pelaku-pelaku usaha yang berhubungan untuk pertanian untuk mengikuti pameran pertanian.
“Kami selaku panitia sudah menyiapkan  tenda untuk petani-petani muda ataupun pelaku-pelaku usaha untuk memamerkan hasil-hasil pertaniannya,” terangnya.
Nah, menjadi daya ketertarikan dari gelaran TLF Buyan dan Tamblingan  ini, yakni sarana tradisi danau, yaitu pedau, seperti tahun-tahun sebelumnya dijadikan atraksi Lomba Dayung Pedau Singa, tidak saja melibatkan kelompok nelayan setempat, namun juga dari masing-masing OPD lingkup Pemkab Buleleng. Selain Lomba Dayung Pedau Singa yang menjadi ciri dari festival di danau Buyan & Tamblingan ini, juga lomba Gangsing yang pesertanya dari Catur Desa serta atraksi Sapi Gerumbungan. Dua event khas Buleleng ini akan diselenggarakan di pelataran Pura Ulun Danau Tamblingan