sewa motor matic murah dibali

MANGGIS , balipuspanews.com-
Objek wisata Tenganan Pegringsingan yang terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem diserbu Wisatawan baik lokal maupun mancanegara disaat sehari setelah Hari Raya Galungan.

Meskipun dibawah terik matahari, wisatawan silih berganti berdatangan di Desa Tenganan yang terkenal dengan ikonnya ‘perang pandan’ satu- satunya ikon yang berada di Bali timur tepatnya di Kabupaten Karangasem.

Desa yang terkenal dengan ciri khasnya tenun ikat pegringsingan merupakan Desa Bali Aga, menjadi daya tarik tersendiri yang kental akan adat, budaya, tradisi, yang masih dianut dan dijalankan hingga sekarang.

Tepat di depan pintu masuk memasuki kawasan Desa Tenganan, pengunjung disambut dengan berjejeng pedagang menjajakan ‘prasi’, atau daun lontar yang bergambar seperti, gambar dewa, pulau bali, pewayangan, dan lain-lain.

Di rumah-rumah, warga juga menjajakan berbagai kerajinan mulai dari hasil tenun berupa selendang, kain, dan kerajinan tangan lainnya yang menjadi incaran para tamu baik lokal maupun turis.

Tegur sapa antara pengunjung dan warga kental sangat erat komunikasi kepada tamu yang lalu lalang di kawasan Tenganan Pegringsingan baik yang hendak berbelanja maupun sekedar melihat dan bertanya-tanya.

Dengan bangunan sederhana layaknya rumah Bali tempo dulu, tanpa ada sekat antara rumah satu dengan yang lain, yang jauh berbeda dengan objek wisata lainnya di Bali yang menonjolkan kemegahan dan kemewahan fasilitas pendukungnya.

Warga Tenganan pun fasih dengan bahasa asing untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Transaksi jual beli dengan bahasa asing warga kuasai sehingga tamu dan warga terlihat akrab.

Walapun dengan berjalan kaki pengunjuk tampak antusias untuk menyaksikan keunikan yang dimiliki Desa Tenganan mulai dari Bangunan rumah, balai pertemuan, maupun tempat melakukan prosesi adat menurut desa setempat. (bud/bpn/tim).