sewa motor matic murah dibali

Singaraja, balipuspanews.com — Sebanyak 447 wisudawan dari jenjang Diploma III, Sarjana, Magister dan Doktor mengikuti wisuda ke-57 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, berlangsung di Auditorium Undiksha, pada Jumat (30/11).

Para lulusan ini pun diyakini mampu bersaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan alumni Undiksha yang diwisuda diyakini sudah memiliki critical ranking.

“Critical ranking itu, dalam artian mereka sudah mampu memecahkan persoalan, terlebih menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Rektor Jampel.

Rektor asal Kabupaten Badung ini juga menyampaikan, saat mengenyam pendidikan, para wisudawan ini dituntut kreatif melalui pemberian pengetahuan pengembangan diri.

Selain itu, ada pula penerapan pendidikan kolaboratif, salah satunya dalam menggenjot penguasaan bahasa asing yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan di luar negeri.

“Pendidikan karakter pun menjadi prioritas. Karakter dalam arti luas. Lulusan tidak hanya sopan dan santun. Tetapi bagaimana lulusan berani mengambil tanggungjawab, berpikir masa depan, adaptif, memiliki kepekaan sosial dan budaya. Itu memang kita bangun. Sehingga alumni kita menjadi orang yang berintegritas,” ungkapnya.

Imbuh Rektor Jampel, pendidikan karakter tercermin dari visi dan misi Undiksha yang mengelaborasi ajaran Tri Hita Karana dalam bangunan program dan kegiatannya. Keseluruhan nafas dari pengembangan akademik kampus diarahkan pada penanaman dan implementasi pendidikan karakter sebagai tujuan pembangunan pendidikan nasional.

“Melalui sejumlah hal itu, alumni kami pasti mampu bersaing. Sekarang banyak sekali alumni yang bisa diterima dalam pekerjaan dalam artian tidak kualifikasi akademiknya. Mereka bisa bersaing disana,” jelasnya.

Rektor Jampel berharap, wisudawan tak langsung berpuas diri dan terus berkembang mewujudkan segala potensi dan menjadi SDM Unggul. Pun, menjadi para Pendidik Unggul, dalam rangka mewujudkan Generasi Emas 2045.

“Kami ingin generasi ini bisa mendukung pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Sejumlah wisudawan dinobatkan sebagai lulusan terbaik dari seluruh jenjang. Program S-3 diraih Dr. Ni Made Rai Wisudariani dari jurusan Pendidikan Bahasa dengan IPK 3,91 predikat sangat memuaskan. Lalu, Program S-2, Ulan Sari, M.Pd.,dari jurusan Bimbingan Konseling dengan IPK 3,86 predikat pujian.

Sementara, dari S-1 diraih Made Sugi Antara dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,86 predikat sangat memuaskan dan dari D-III diraih Imanuel Joel Soumokil, A.Md., jurusan Budidaya Kelautan dengan IPK 3,81 predikat pujian.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here