Unit Reskrim Polsek Marga Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian Handphone

Pelaku pencurian hp yang diungkap Polsek Marga
Pelaku pencurian hp yang diungkap Polsek Marga

TABANAN, balipuspanews.com – Unit Reskrim Polsek Marga, Polres Tabanan hari Sabtu (02/1/2021) berhasil mengungkap kasus pencurian HP merk OPPO. Hp dengan warna emas tersebut milik korban NMWH.

Korban sendiri kehilangan hp miliknya pada Rabu (09/12/2020) tahun lalu sekitar pukul 13.30 Wita di Warung makan. Warung ini berlokasi di Banjar Dinas Tembau, Ds/Kec. Marga, Tabanan.

Korban kemudian melaporkan kehilangan hpnya ke Polsek Marga pada Sabtu (02/1/2021) pukul 08.00 Wita.

Atas seijin dan atas perintah Kapolsek Marga AKP I Nyoman Suadi, SH., Unit Reskrim Polsek Marga yang dipimpin Iptu. I Kadek Supendodi, SH., kemudian melakukan serangkaian penyelidikan, mendalami TKP dengan membuka rekaman CCVT. Selain juga menggali keterangan dari para saksi.

Berdasarkan alat bukti yang cukup pihak kepolisian setempat akhirnya berhasil menangkap terduga pelaku. Yakni NKAS,45. Terduga pelaku ini merupakan seorang pedagang dengan alamat Desa Dauh Peken, Tabanan.

Adapun kronologis kejadiannya, Pada Rabu (09/12/2020) pukul 12.00 Wita, korban berangkat ke warung Nasi untuk berjualan menggantikan WP (saksi) karena akan mencoblos di TPS Cau Desa Tua. Saat itu korban menaruh HP miliknya diatas meja makan, kemudian ditinggal melayani pembeli.

Sekitar pukul 13.00 Wita datang pelaku memesan nasi. Pelaku kemudian duduk ditempat korban menaruh HP miliknya.

Tidak seberapa lama terduga pergi dengan alasan keperluan membeli beras. Namun terduga tidak pernah kembali ke warung untuk mengambil nasi pesanannya.

Setelah korban selesai melayani pembeli, korban bermaksud mengambil HP miliknya, namun HP miliknya sudah tidak ada. Atas kejadian tersebut korban selanjutnya dilaporkan ke Polsek Marga.

Berdasarkan laporan korban, Kapolsek Marga memerintahkan Unit Reskrim melakukan penyelidikan. Team kemudian mengawali mendatangi TKP menggali keterangan para saksi dan memeriksa rekaman CCTV.

Dari rangkaian penyelidikan yang dilakukan Team berhasil mendapat alat bukti yang cukup dan berhasil mengantongi ciri-ciri pelakunya.

Setelah dikembangkan pelaku diketahui berasal dari Dauh Pala, Tabanan, Tim bergerak ke Dauh Pala, Tabanan melakukan penyelidikan lanjutan dan memperoleh informasi pelaku beralamat di Desa Dauh Pala, Tabanan. Hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan dirumahnya.

Saat diinterogasi terduga mengakui perbuatannya, mengambil HP milik korban diatas meja warung, disaat korban sedang sibuk melayani pembeli. HP tersebut kemudian dimasukannya ke tas miliknya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 buah Handphone merk Oppo seri A83 2018 warna Emas, type CPH 1729 dan 1 buah SIM Card.

Kasubbag Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagio seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar S.I.K , M.H., membenarkan kejadian tersebut dan kasusnya saat ini ditangani Reskrim Polsek Marga.

Penulis : Ngurah Arthadana 

Editor : Oka Suryawan