UNR Lepas 137 Calon Wisudawan, Lulusan Sudah Mengisi Posisi di Instansi Pemerintah

Direktur Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai Dr. Nyoman Diah Utari Dewi, A.Par., M.AP saat melakukan pemasangan kalung medali kepada salah satu calon wisudawan terbaik
Direktur Program Pascasarjana Universitas Ngurah Rai Dr. Nyoman Diah Utari Dewi, A.Par., M.AP saat melakukan pemasangan kalung medali kepada salah satu calon wisudawan terbaik

DENPASAR, balipuspanews.com – Universitas Ngurah Rai (UNR) menggelar acara yudisium dari Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Publik (MAP) XII dan Magister Hukum (MH) V. UNR akan melepas sebanyak 137 calon wisudawan, Sabtu (2/10/2021) bertempat di Gedung Auditorium Universitas Ngurah Rai.

Acara berlangsung secara hybrid, hanya mahasiswa lulusan terbaik yang hadir mengikuti secara tatap muka, sedangkan mahasiswa yang lain mengikuti dengan video conference. Peserta yang hadir dalam yudisium tetap taat menerapkan protokol kesehatan.

Yang spesial dari yudisium tahun ini, lulusan terbaik dari masing-masing prodi berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4,00.

Direktur PPs UNR Dr. Nyoman Diah Utari Dewi, A.Par., M.AP. merinci dari 137 calon wisudawan 80 orang berasal dari prodi MAP angkatan ke-XII dan 57 orang dari prodi MH angkatan ke-V. Dalam setiap pelepasan alumnus PPs UNR mampu menunjukkan prestasi, ini bisa dilihat dari indikator IPK terendah.

Baca Juga :  Loka Sabha VI Pratisentana AGPAG, Wayan Mara Terpilih secara Aklamasi

“IPK terendah untuk MAP 3,43 sedangkan MH 3,79,” jelas Diah Utari.

Diah menambahkan dengan dilepasnya 137 lulusan berarti total alumnus PPs UNR berjumlah 785 orang dari kedua Program Studi. Mayoritas alumni yang telah lulus sudah mengisi posisi pada instansi pemerintahan, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, anggota legislatif, Keimigrasian, lembaga keuangan, maupun instansi lainnya.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, lanjut Diah Utari, aktivitas akademik yang menyangkut Tri Dharma Perguruan Tinggi di PPs UNR tetap berjalan baik. Ke depan, pihaknya merancang perkuliahan online dan offline secara blended meskipun pandemi sudah mereda.

Demikian pula kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat telah berjalan dengan baik yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Baca Juga :  Pakai JKN, Semua Pelayanan di Rumah Sakit Berjalan Lancar Tanpa Biaya

Pada kesempatan yang sama Rektor UNR Dr. Ni Putu Tirka Widanti, SS., MBA., MM., M.Hum, menerangkan, UNR khususnya Program Pascasarjana selalu unggul dalam pelayanan pendidikan dengan Prodi Magister Administrasi Publik dan Magister Hukumnya sangat luar biasa, dan telah mewarnai dunia pemerintahan baik itu Provinsi Bali, maupun Kab kota se-Bali, serta sektor swasta.

Rektor perempuan ini menjelaskan dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan, UNR telah menjalin kerjasama untuk menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, salah satunya membangun kerja sama antar perguruan tinggi negeri dan swasta baik didalam maupun luar negeri.

Tirka mengucapkan selamat dan sukses kepada lulusan PPs yang baru.

“Semoga apa yang telah diraih nantinya berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Dengan bertambahnya gelar yang diperoleh, alumni bisa tetap menjaga nama baik universitas dalam dunia usaha maupun pemerintahan,” pungkas Tirka.

Baca Juga :  Petani di Desa Bengkala Diajak Menanam Jagung Sorghum

Adapun lulusan terbaik dari Prodi MH, I Wayan Antariksawan, mengaku bangga telah menjadi alumnus UNR dari S1 dan S2. Menurut anggota Polres Gianyar ini pelayanan dan kualitas Pendidikan di UNR sangat baik, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UNR.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan