Unsur Muspida Denpasar dan Badung Gelar Patroli Bersama di Lokasi Wisata

Sejumlah unsur Muspida di Denpasar dan Kabupaten Badung, pada Sabtu (8/5/2021) pagi, melaksanakan patroli bersama dalam rangka pengecekan Pos Sekat Operasi Ketupat Agung 2021
Sejumlah unsur Muspida di Denpasar dan Kabupaten Badung, pada Sabtu (8/5/2021) pagi, melaksanakan patroli bersama dalam rangka pengecekan Pos Sekat Operasi Ketupat Agung 2021

DENPASAR, balipuspanews.com – Sejumlah unsur Muspida di Denpasar dan Kabupaten Badung, pada Sabtu (8/5/2021) pagi, melaksanakan patroli bersama dalam rangka pengecekan Pos Sekat Operasi Ketupat Agung 2021.

Patroli bersama ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Bali yang masih masif. Dimana masyarakat diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), menghindari kerumunan, tidak keluar rumah jika tidak penting, pakai masker dan cuci tangan setiap saat serta tidak mudik Lebaran tahun ini.

Unsur Muspida yang melaksanakan patroli yakni Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, SE, Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, S.H, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H,.

Ada juga Dandim 1611-Badung Kolonel Inf. I Made Alit Yudana, Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi, S.I.K, Kajari Denpasar Yuliana Sagala Kajari Badung, Kadishub Kota Denpasar, Forkopimda Badung.

Patroli bersama unsur Muspida ini menggunakan roda dua sebanyak 20 unut dan roda 4 sebanyak 14 unit. Rombongan muspida melaksanakan.

patroli bersama menyasar beberapa obyek wisata dan titik keramaian atau titik kumpul masyarakat dalam menyambut perayaan Idul Fitri.

Rangkaian kegiatan patroli sekitar pukul 08.30 WITA itu dimulai dari Mapolresta Denpasar melewati Jalan Gunung Sangyang-Jalan Kebo Iwa-Jalan Gatot Subroto-Jalan Cokroaminoto dan melakukan pemantauan di Pos Sekat Umanyar.

Sementara di Pos Sekat Umanyar, rombongan Muspida menyempatkan diri bertatap muka dengan petugas setempat, guna mempertanyakan sejauh mana kesiapan dan kelengkapan selama Operasi Ketupat berlangsung.

Dari penjelasan petugas menyebutkan bahwa laporan arus puncak mudik masyarakat sedianya berlangsung 4 Mei 2021. Dalam menghadapi arus mudik sebelum adanya larangan mudik tanggal 6 Mei 2021, petugas Dishub Denpasar sudah menyiapkan Tes Rapid Antigen jika ditemukan pemudik yang positif.

“Apabila kami temukan yang positif maka langsung di bawa ke hotel ramada untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan,” ujar petugas Dishub kepada rombongan Muspida.

Dalam waktu yang bersamaan di Pos Sekat, rombongan juga menyaksikan pelaksanaan Test Rapid Antigen terhadap 2 warga.

Setelah mengecek Pos Sekat Umanyar, rombongan Muspida sekitar pukul 09.00 WITA melanjutkan perjalanan ke Pantai Petitenget, Badung guna memantau situasi obyek wisata disana. Lanjut, rombongan berbalik menuju Kuta dan tiba di Pos Beach Walk Kuta untuk melaksanakan pemantauan.

Selain lokasi wisata, rombongan juga mengecek kondisi Bandar Udara Ngurah Rai dan dilanjutkan ke Pantai Melasti, Ungasan, Badung.

Usai berpatroli Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan bahwa patroli yang dilakukan adalah bagian dari sinergitas antar Muspida sekaligus dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Agung 2021. Kegiatan ini juga rangkaian dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini masih tinggi.

“Maksud dan tujuan kegiatan itu adalah dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri dan bentuk sinergitas antara Forkompinda guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar Kombes Jansen singkat didampingi Kasubag Humas Iptu Ketut Sukadi, pada Minggu (9/5/2021).

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan