Jumat, Juni 14, 2024
BerandaJembranaUpacara Jana Kerthi Tumpek Landep Digelar di Pura Niti Praja

Upacara Jana Kerthi Tumpek Landep Digelar di Pura Niti Praja

JEMBRANA, balipuspanews.com– Dalam rangka pelaksanaan hari suci Tumpek Landep, Pemerintah Kabupaten Jembrana yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, I Made Budiasa berserta para asisten dan kepala OPD terkait melaksanakan persembahyangan bersama dengan upacara Jana Kerthi di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana, Sabtu (3/6/2023) pagi.

Hari Tumpek Landep yang jatuh setiap enam bulan sekali tersebut dikhususkan untuk memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati).

Sebelum persembahyangan, terlebih dahulu digelar ucapara pembersihan terhadap Benda Pusaka, yaitu Bajra Acintya, Keris Pejenengan Jembrana, dan Keris Agni sebagai Benda Pusaka yang ada di Pemkab Jembrana.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, I Made Tarma mengatakan Tumpek Landep merupakan hari suci yang dilaksanakan umat Hindu sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa yang dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pikiran kepada manusia.

“Adapun ketajaman itu layaknya senjata yang terbentuk lancip/runcing seperti keris, tombak dan pedang,”jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekda I Made Budiasa, dimana hari Tumpek Landep sebagai momentum untuk mempertajam cita, budhi dan manah (pikiran).

BACA :  Support Festival Seni, Ketua DPRD Putu Parwata Serahkan Bantuan Rp 5 Juta kepada Sekaa Gong Puspa Sari Abiansemal

“Dengan begitu kita bisa selalu berperilaku berdasarkan kejernihan pikiran dengan landasan nilai-nilai agama dalam melaksanakan swadharma sesuai dengan Visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana dalam mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Budiasa menuturkan terkait upacara Jana Kerthi, jana kerti berarti penyucian diri. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Jembrana untuk melaksanakan upacara Jana Kerthi ini selain persembahyangan tumpek landep sebagai tahap penyucian diri.

“Mari kita sucikan diri kita agar lebih diberikan penajaman pikiran untuk melakukan hal-hal yang baik dilingkungan kita,” pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular