Minggu, April 14, 2024
BerandaBadungUpacara Melaspas Bale Kul - Kul Di Pura Giri Catur Loka Dihadiri...

Upacara Melaspas Bale Kul – Kul Di Pura Giri Catur Loka Dihadiri Oleh Kapolres Badung

BADUNG, Balipuspanews.com – Bale Gendongan/Bale Kul Kul/Pajenengan yang ada di Pura Giri Catur Loka Polres Badung, sore ini, Seni (17/6) pukul 15.40 wita diupacarai melaspas, sebelum digunakan sebagaimana mestinya.

Kegiatan yang dilaksanakan di jalan I Gusti Ngurah Rai no 1 Mengwi, Badung ini, dihadiri Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, SIK dan Wakapolres Kompol Sindar Sianga, SP diikuti pejabat utama Polres Badung, para Kapolsek jajaran dan personil Polres Badung. Senin, (18/6)

Kapolres Badung mengatakan, pihaknya sangat senang melihat suasana upacara melaspas meskipun sederhana, namun pemaknaanya, disikapi dengan tulus dan penuh kepercayaan.

Menurutnya, upacara melaspas termasuk pemberkatan bangunan baru,  bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan bangunan tersebut secara niskala sebelum digunakan, sehingga saat digunakan tercipta ketenangan dan kedamaian serta terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan.

“Bangunan suci menurut agama hindu, akan memiliki kekuatan dan kepercayaan dari umatnya jika kabersihannya yang dijiwai oleh kesadaran hati dan sejuknya pikiran terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sanghyang Widhi Wasa” terang Kapolres Badung.

BACA :  Di Konferensi Dekade Kelautan 2024, FPRB Tanjung Benoa Beber Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready

Ia berharap dengan dilaksanakan upacara melaspas ini, proses kegiatan terutama personil dalam menjalankan tugasnya bisa berjalan dengan baik.

“Saya sangat menikmati acara pemelaspasan ini, terutama prosesnya yang unik dan penuh makna,” ujarnya.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung satu setengah jam yakni berakhir pada pukul 17.10 wita ditutup dengan makan bersama, dengan aman dan tertib.(cita/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular