Sabtu, April 13, 2024
BerandaDenpasarUpacara Melasti, Polsek Amankan Jalur Lalin yang Dilalui Pemedek

Upacara Melasti, Polsek Amankan Jalur Lalin yang Dilalui Pemedek

DENPASAR, balipuspanews.com – Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, seluruh umat Hindu di Bali menggelar upacara Melasti (Melis/Mekiyis). Upacara pensucian diri ini digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.

Diketahui, pelaksanaan Melasti dilakukan beberapa hari sebelum dilaksanakan tawur kesanga guna memohon kesejahteraan alam dan lingkungan menjelang pergantian Tahun Saka.

Guna memperlancar kegiatan Melasti tersebut sejumlah Polsek yang ada di wilayah Denpasar dan Kuta turut melaksanakan pengamanan. Seperti yang dilaksanakan jajaran Polsek Denpasar Barat di Desa Adat Padangsambian, Denpasar, pada Minggu (19/3/2023).

Puluhan personel sudah tampak berjaga-jaga sejak sekitar pukul 06.00 WITA. Terlihat, sebanyak 12 buah Jempana (linggih atau stana Ida Bhatara – Bhatari) diiringi warga dengan berjalan kaki.

Adapun jalur yang dilalui mulai dari titik kumpul di Bale Agung Jalan Gunung Tangkuban Perahu – Jalan Gunung Sanghyang lanjut mengarah Kerobokan sampai ke Pantai Petitenget, Kuta, Badung.

Menurut Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., pihaknya mengerahkan personil yang sudah diplooting di beberapa jalur yang akan dilalui.

BACA :  Parwata Sebut Idul Fitri Moment Mempererat Kerukunan Beragama

“Personel berkolaborasi dengan Pecalang Desa Adat melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalin, dengan harapan seluruh rangkaian Upacara Melasti dapat berjalan tertib, lancar dan aman,” ucapnya.

Sementara itu, pelaksanaan pengamanan Melasti juga dilaksanakan jajaran Polsek Kuta. Personel gabungan melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalulintas bersinergi Pecalang Desa Adat setempat.

Upacara Melasti yang didominasi dari warga luar, sudah melakukan aktivitasnya sejak pagi dibeberapa kawasan Pantai yang ada di wilayah hukum Polsek Kuta.

Dalam keteranganya Kapolsek Kuta Kompol Yogie Pramagita, S.H., S.I.K., M.H., mengungkapkan bahwa personil gabungan sudah disetting sejak awal. Hal ini untuk membantu kelancaran kegiatan atau Upacara Melasti, baik untuk warga yang ada di wilayah maupun yang datang dari luar wilayah hukum.

Dijelaskannya, dengan kehadiran personil Polsek Kuta yang senantiasa bersinergi dengan Pecalang Desa Adat dalam pelaksanaan pengamanan dan pengaturan lalin.

“Diharapkan seluruh rangkaian Upacara Melasti dapat berjalan lancar dan tertib serta aktivitas masyarakat dan wisatawan juga berjalan normal,” terangnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

BACA :  Petugas Damkar Klungkung Terima Laporan Penipuan Kebakaran di Pasar Galiran

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular