Sekretaris Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd
Sekretaris Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd

BULELENG, balipuspanews.com – Perkembangan data terhadap pasien terkonfirmasi di Buleleng saat ini bertambah 3 pasien dan satu pasien dinyatakan sembuh Sabtu, (4/7/20202).

Sekretaris Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengatakan ketiga pasien terkonfirmasi diberikan kode diantaranya PDP 120, 121, 122 yang berasal dari Kecamatan Buleleng.

Terkait gejala PDP 120 sebelum dilakukan tes memiliki gejala demam, batuk, dan pilek kemudian dirapid tes dengan hasilnya reaktif, maka dilanjutkan swab hasil pertama negatif, dan kedua positif sehingga langsung dirawat di Girimas. Diketahui juga PDP tersebut merupakan pasien salah satu rumah sakit swasta yang ada di Buleleng.

“Ada penambahan 3 orang PDP terkonfirmasi positif sementara 1 orang PDP sudah sembuh semua berasal dari Kecamatan Buleleng,” jelasnya.

Lanjut Suyasa menambahkan dari ketiga pasien terkonfirmasi 2 orang diantaranya masih memiliki hubungan keluarga dengan PDP 115 yang tidak lain merupakan orang tua dari PDP 121 dan PDP 122 yang tidak lain adalah menantunya.

Setelah dilakukan tracking didapat fakta bahwa PDP 115 yang sudah sembuh memiliki warung sehingga dilakukan tracking kembali agar ditemukan dimana sumber sekaligus siapa saja yang terpapar darinya.

“PDP 115 di tracking karena punya warung jadi di tracking lagi siapa saja yang kontak belum bisa ditentukan dapatnya darimana ini kita masih mencari,” tambahnya.

Meski begitu terlihat untuk total data perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, saat ini menunjukkan bahwa PDP terkonfirmasi secara kumulatif di Buleleng sebanyak 99 orang, sembuh secara kumulatif 90 orang, dalam perawatan sebanyak 8 orang dan satu orang di rujuk ke Denpasar.

Jumlah PDP Negatif secara kumulatif sebanyak 23 orang, dan PDP terkonfirmasi 7 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 123 orang, selesai masa pantau 113 orang dan ODP terkonfirmasi 10 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 1.950 orang, OTG selesai masa pantau sebanyak 1.705, sedangkan OTG yang masih karantina mandiri sebanyak 161 orang, dirawat di Giri Emas 2 orang, dan OTG terkonfirmasi 82 orang.

Pemantauan juga terus dilakukan kepada pelaku perjalanan daerah terjangkit dan daerah transmisi lokal (tanpa gejala).

Secara kumulatif berjumlah 4.046 orang dengan rincian 3.896 orang diantaranya sudah selesai masa pantau selama 14 hari dan sisa yang masih dipantau sebanyak 150 orang.

Terdiri dari pekerja kapal pesiar berjumlah 140 orang, TKI lainnya terdapat Lima orang, pulang dari luar negeri ada Satu orang, serta orang yang datang dari daerah transmisi lokal di Indonesia berjumlah 4 orang.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

Facebook Comments