Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd
Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd

BULELENG, balipuspanews.com – Perkembangan pasien terkonfirmasi di Kabupaten Buleleng memasuki era kehidupan baru jumlahnya mulai berkurang. Saat ini pasien terkonfirmasi yang sembuh tercatat tiga pasien.

Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd mengungkapkan ketiga pasien sembuh tersebut dengan kode PDP 112, PDP 125, dan PDP 126.

Dari ketiganya salah seorang pasien yakni PDP 112 merupakan pasien yang berasal dari Kecamatan Seririt dengan riwayat sempat kontak dengan PDP terkonfirmasi positif sebelumnya yaitu PDP 104 yang tertular dari PDP 80 yang merupakan sopir Jawa-Bali.

“Pasien tersebut selama 15 hari dirawat dengan menjalani delapan kali tes swab. Tes swab ke tujuh dan delapan hasilnya negatif,” ungkapnya.

Lanjut Suyasa satu pasien yakni PDP 125 berasal dari Kecamatan Buleleng dengan riwayat yang didapat dari hasil tracing yang kemudian ditemukan sempat kontak erat dengan PDP kasus Denpasar. Sebab PDP tersebut masih memiliki hubungan keluarga dengan kasus yang terjadi di Denpasar.

Sehingga mendapat perawatan selama empat hari dan menjalani tes swab sebanyak empat kali. Tes swab ketiga dan keempat hasilnya negatif.

“Terakhir, adalah PDP 126 yang juga keluarga dari kasus Denpasar. Dirawat selama empat hari juga, empat kali tes swab dan tes ketiga serta keempat hasilnya negatif,” lanjutnya.

Tak hanya itu dengan fakta dan data seperti saat ini dengan perkembangan yang cukup baik. Bahkan GTPP berharap, nantinya semakin hari, makin banyak pasien yang sembuh.

Sehingga masyarakat umum juga diharapkan menghindari peluang tertular Covid-19. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah.

“Tetap pakai masker, cuci tangan sesering mungkin baik itu dengan air mengalir maupun hand sanitizer, dan jaga jarak fisik,” pungkasnya.

Disisi lain saat dijabarkan terkait data perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng menunjukkan bahwa kasus terkonfirmasi positif secara kumulatif di Buleleng sebanyak 104 orang, sembuh secara kumulatif 96 orang, dalam perawatan sebanyak tujuh orang dan satu orang di rujuk ke Denpasar.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) negatif secara kumulatif sebanyak 25 orang, PDP terkonfirmasi tujuh orang dan PDP yang dirawat sebanyak tiga orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 124 orang, tidak ada ODP yang masih di pantau, selesai masa pantau 114 orang dan ODP terkonfirmasi 10 orang.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 2.033 orang, OTG selesai masa pantau sebanyak 1.813 orang, sedangkan OTG yang masih karantina mandiri sebanyak 133 orang, dirawat di Giri Emas tidak ada, dan OTG terkonfirmasi 87 orang.

Pemantauan juga terus dilakukan kepada pelaku perjalanan daerah terjangkit dan daerah transmisi lokal (tanpa gejala). Secara kumulatif berjumlah 4.185 orang dengan rincian 4.185 orang diantaranya sudah selesai masa pantau selama 14 hari dan tidak ada yang masih dipantau.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan

Facebook Comments