Usai Bikin Dodol, Dapur Dilalap si Jago Merah

Dapur milik Wayan Karang, warga Babakan, Peringsari,Selat Karangasem terbakar
Dapur milik Wayan Karang, warga Babakan, Peringsari,Selat Karangasem terbakar

KARANGASEM,balipuspanews.com – Warga banjar Babakan, Peringsari, Selat, Karangasem, Minggu (9/2/2020) geger. Mereka dikejutkan kebakaran dapur milik I Wayan Karang,70, salah satu warga setempat.

Peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 03.30 Wita itu menghanguskan dapur berukuran 4 Kali 6 meter beserta 15 karung padi yang tersimpan di dapur.

Sebelum si jago merah mengamuk, malam harinya korban Wayan Karang melalukan aktivitas di dapur membuat adonan dodol yang akan dipakai sebagai salah satu sarana utama dalam upacara di Desa Adat setempat.

Perbekel Desa Peringsari, I Wayan Bawa dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, malam hari sebelum peristiwa kebakaran terjadi, pemilik sempat memasak santan dan gula untuk persiapan membuat dodol.

“ Malamnya korban sempat memasak santan dan gula untuk persiapan bikin dodol, katanya setelah memasak itu api sudah dipadamkan, tetapi kemungkinan masih ada sisa api yang menyala dan di dekatnya juga ada banyak kayu bakar,” kata Wayan Bawa.

Sementara itu, saat peristiwa kebakaran terjadi, tim pemadam kebakaran dibantu oleh warga sekitar berjibaku menjinakan api. Belum diketahui berapa kerugian material akibat kejadian tersebut. namun, kalkulasi bangunan dan isi dapur yang terbakar, kerugian diperkirakan mencapai Rp. 30 juta rupiah.(igs/bas)