Sabtu, April 20, 2024
BerandaKarangasemUsai Dipakai Mengungsi, UPT Pertanian Rendang Dibersihkan Secara "Niskala"

Usai Dipakai Mengungsi, UPT Pertanian Rendang Dibersihkan Secara “Niskala”

Karangasem, balipuspanews.com – Pemkab Karangasem pada Minggu (18/2) menggelar Upacara Penyapuh Jagat dan Pecaruan Rsi Gana di UPT Pertanian Rendang, Karangasem, sebagai upaya pembersihan terhadap areal tersebut secara niskala.

Upacara dilakukan, pasca kembalinya para pengungsi ke rumahnya masing-masing sebagai terkait penurunan status Agung Agung ke level III (Siaga), pada sabtu (10/2) lalu.

Acara yang dilaksanakan bertepatan dengan Rahina Redite Wage , Wuku Wayang, Sasih Kesange ini, dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa didampingi Sekda I Gede Adnya Mulyadi, Camat Rendang I Wayan Mastra dan Kepala OPD terkait.

“Ini adalah upaya kita membersihkan areal pengungsian yang berada di UPTD Desa Rendang serta memohon ke Ida Sang Hyang Widhi Wasa, agar Buana Agung dan Buana Alit bisa damai sejahtera. Semoga bencana tidak lagi mengintai masyarakat Karangasem khususnya, dan Bali pada umumnya,” kata Bupati Mas Sumatri, saat menghadiri upacara tersebut di UPT Pertanian Rendang.

Acara Penyapuh Jagat dan Pecaruan Rsi Gana ini, dipuput oleh tujuh sulinggih yang berasal dari seluruh Bali. Di antaranya Ida Pedanda Istri Rai dari Griya Dalem Sangeh, Ida Pedanda Made Ketewel dari Griya Bukit Kembang Merta, Ida Pedanda Istri Sari dari Griya Simpangan Buduk, Ida Pedanda Istri Padma dari Griya Gede Mas Banjar Tegal Asah Sanur Kaje, Ida Pedanda Istri Buruan dari Gryia Mandara Manggis, Ida Pedanda Gede Putu Ngenjung dari Griya Keniten Duda dan Ida Pedanda Gede Ketut Dwija Nugraha dari Griya Demung Budakeling.

BACA :  Ribuan Warga Karangasem Sambut Giri Prasta di GOR Gunung Agung Amlapura

Dalam kesempatan ini, juga dilaksanakan prosesi “mendem pedagingan” sebagai rangkaian dari upacara Resi Gana, di mana Bupati Karangasem turut langsung sebagai pengayah. (Suar)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular