Usai Divaksin Sejumlah Warga Selat Alami Gejala Kelelahan Hingga Demam, Ini Penjelasannya

Kepala Puskesmas Selat, dr I Gusti Lanang Putu Udiyana (kanan)
Kepala Puskesmas Selat, dr I Gusti Lanang Putu Udiyana (kanan)

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sejumlah warga di Kecamatan Selat mengalami keluhan seperti kelelahan, nyeri badan hingga demam usai mendapatkan vaksinasi Covid-19, pada Selasa (11/5/2021).

Informasi yang diperoleh, kebanyakan warga mengaku merasa kelelahan usai menerima suntikan Vaksin AstraZeneca tersebut. Tak hanya itu, beberapa diantaranya juga ada yang mengaku meriang pada malam hari usai mendapat suntikan dan beberapa diantaranya mengaku mengalami gejala demam.

“Ya malamnya saya meriang, dan sekarang badan terasa letih seperti habis kerja berat,” ujar Kadek Widi salah seorang warga di Kecamatan Selat.

Sementara itu, terkait dengan sejumlah keluhan tersebut, Kepala Puskesmas Selat, dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana dikonfirmasi, pada Rabu (12/05/2021) menjelaskan, bahwa reaksi tersebut memang wajar terjadi setelah menerima suntikan vaksin jenis AstraZeneca.

“Reaksi seperti itu memang wajar dari vaksin jenis Astrazeneca ini, setelah divaksin cenderung mengalami demam, nyeri badan dan sakit kepala, reaksi ini biasanya akan hilang setelah 12 jam atau 2 sampai 3 hari setelah divaksin,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan setelah menerima suntikan vaksin jenis ini, penerima vaksin sebaiknya beristirahat serta banyak minum air putih agar sistem antibody didalam tubuh bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, jika muncul gejala demam agar mengkonsumsi obat penurun panas.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka