Sidang Paripurna DPRD KLungkung dipimpin Ketua DPRD Wayan Baru
Sidang Paripurna DPRD KLungkung dipimpin Ketua DPRD Wayan Baru
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Sidang Paripurna DPRD KLungkung yang berlangsung hari pertama pasca liburan Lebaran Senin(10/6) berlangsung lancar. Sidang yang dipimpin Ketua DPRD  Wayan Baru didampingi Wakil Ketua Nengah Ariyanta dan Wayan Buda Parwata ,sementara pihak eksekutif dihadiri Wakil Bupati Made Kasta.

Walaupun hanya dihadiri 22 orang anggota dewan dari 30 anggota DPRD Klungkung ini ,oleh Ketua DPRD Wayan Baru sudah dianggap qorum karena itu sidang dilanjutkandengan paparan penyampaian LPJMD Bupati yang dibacakan oleh Wabup Made Kasta.

Sebelum sidang dilanjutkan Sekwan Wayan Sudiarta membacakan surat surat yang masuk sebanyak 66 surat termasuk surat kawat dan undangan untuk anggota Dewan.

Dari surat tersebut ada surat dari Bupati Klungkung yang  pada  juni 2019 dengan materi tentang rencana pembangunan jangka menengah kabupaten Klungkung.

Sementara itu Wakil Bupati KLungkung  Made Kasta yang membacakan LPJMD Bupati ini menyatakan rencana pembangunan  jangka menengah masa persidangan 2019 untuk LPJMD pembangunan jangka menengah  2018  sampai 2023.

Pada kesempatan itu paparan mengenai LPJMD ini diharapkan dapat dibahas oleh anggota Dewan selanjutnya dimohonkan persetujuannya terkait LPJMD Kabupaten Klungkung ini.

Beberapa isu penting yang disampaikan adalah skala prioritas yang perlu penanganan secepatnya antara lain  belum dicovernya cagar budaya kabupaten Klungkung .

Termasuk peningkatan pelayanan publik yang disusun secara prioritas iuntuk kesejahteraan masyarakat Klungkung, termasuk pembanguna  sektor kesehatan dan pendidikan .

Laju pertumbuhan rata rata penduduk hanya 5,34 persen. Sementara itu bidsang pertanian terjadi banyak kendala dengan banyaknya alih fungsi lahan yang jelas mengecilkan dampat pertanian. Dengan kata lain keberhasilan pembangunan perlu ditunjang oleh reformasi birokrasi untuk menunjang keberhasilan  pemerintahan untuk meningkatkan ekonomi kerkayatan.

Disamping itu perlu diusahakan penanganan sampah untuk menunjang kelestarian alam di Kabupaten Klungkung. LPJMD ini disusun demi terwujudnya Klungkung yang unggul dan sejahtera . Dengan menguatkan akar budaya serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing.

Semua itu disusun dalam program prioritas seperti meningkatkan desa pekraman serta melestarikan cagar budaya.

” Untuk itu kita perlu memperjuangkan  Pahlawan nasional untuk Ide Dewagung Istri Kanya dan Ide Dewagung jambe secara terus menerus,”terang Made Kasta.(roni/bpn/tim)