Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Bali Denpasar Usai Perbaikan, Kantor DPD Golkar Bali Gelar Pecaruan Manca Sanak

Usai Perbaikan, Kantor DPD Golkar Bali Gelar Pecaruan Manca Sanak

DENPASAR, balipuspanews.com – Pasca melakukan renovasi, dan penataan fasilitas Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Bali, tepat hari Sukra Paing Ukir, dilaksanakan upacara pecaruan (pembersihan) Manca Sanak yang dipuput oleh Sulinggih dari Griya Pergung, Jembrana, Jumat (24/7).

Upacara berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh pemedek wajib menggunakan masker, dilakukan pengecekan suhu tubuh, serta disediakan tempat mencuci tangan dengan air mengalir.

Ada yang spesial pada upacara pecaruan kali ini, pasalnya seluruh calon dan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada 9 Desember mendatang turut hadir mengikuti proses upacara hingga berakhir.

Dalam sambutannya Ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry mengatakan upacara yang digelar hari ini merupakan upacara pembersihan, mengingat sebelumnya terjadi renovasi dan penataan kantor.

Ia menyebut, upacara pecaruan merupakan bagian penting sebagai implementasi ajaran agama Hindu dengan filosofi Tri Hita Karana. Dimana memiliki makna tiga penyebab terjadinya keharmonisan, dengan menjaga keseimbangan manusia dengan tuhan, manusia dengan alam dan hubungan dengan sesama.

“Sebelumnya kami melakukan perbaikan kantor, penyempurnaan, dengan perbaikan ini tidak lupa dengan melaksanakan upacara pecaruan. Upacara ini bertujuan untuk menambah aura kebersamaan dan vibrasi kantor untuk melahirkan pikiran-pikiran yang jernih dalam bertugas,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya harapan dengan dibersihkannya kantor ini, semoga tugas-tugas yang dilaksanakan Partai Golkar mendapat bimbingan dan tuntunan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Menggelar upacara, lanjut Sugawa di tengah situasi pandemi ini, bersama-sama berdoa semoga wabah corona ini juga segera dapat ditangani.

“Kita juga bersama-sama memohon agar Covid-19 ini segera berlalu,” harapnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua DPD Golkar Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira, Plt Ketua DPD Karangasem IGN Setiawan, Plt Ketua DPD Golkar Badung I Wayan Suyasa, Plt Ketua DPD Golkar Bangli IGN Winuntara, Plt Ketua DPD Tabanan Nyoman Wirya, serta jajaran dari DPP Partai Golkar Dewa Widiasa Nida dan Putu Yuda Suparsana.

Dalam upacara pecaruan tersebut juga sekaligus dilangsungkan penandatanganan prasasti oleh Ketua DPD Golkar Bali.

Melengkapi upacara manca sanak tersebut juga digelar tari wali rejang renteng yang dibawakan oleh KPPG Provinsi Bali dan Denpasar dan tari wali topeng sidakarya.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of