Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarVaksin Covid-19 Dalam Perjalanan ke Bali, Polda Siap Melakukan Pengawalan

Vaksin Covid-19 Dalam Perjalanan ke Bali, Polda Siap Melakukan Pengawalan

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebentar lagi, ribuan vaksin Sinovac akan tiba di Bali dalam waktu dekat. Diperkirakan tiba malam ini, Senin (4/1/2021) atau Selasa (5/1/2021) pagi.

Guna memberikan kelancaran dan keamanan serta pendistribusian hingga ke seluruh daerah di Bali, Polda Bali sudah siap memberikan pengamanan. Khususnya pasukan Brimob sudah standby mengamankan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali di Jalan Melati, Kecamatan Denpasar Timur.

Kedatangan vaksin Sinovac buatan China dibenarkan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi. Ia mengatakan vaksin yang sedianya digunakan untuk tenaga kesehatan itu masih dalam perjalan darat dari Jawa Tengah (Jateng) menuju Jawa Timur.

Dalam pengamanan tersebut, pihaknya sudah melakukan persiapan di Pelabuhan Gilimanuk hingga ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Pengamanan ini dilakukan pasukan Gegana Brimob lengkap dengan mobil rantis.

Ditegaskannya, pengamanan vaksin tidak hanya melalui jalur darat tapi juga hingga tahap pendistribusian ke 9 Kabupaten/Kota di Bali. Selain itu pendistribusian juga dilakukan ke Rumah Sakit atau Puskesmas yang dituju.

BACA :  Promosikan Spa Milik Sang Pacar, WNA Australia Kena Deportasi

“Kalau perkirannya malam ini atau besok pagi sudah sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Karena informasinya siang ini berangkat dari Jawa Tengah,” ujar Kombes Syamsi.

Diterangkannya, jajaran Polda Bali akan mengawal vaksin apabila sudah tiba di Pelabuhan Gilimanuk Jembrana Bali. Pengamanan juga dilakukan hingga ke pendistribusian ke daerah di Bali. “Pasukan Brimob sudah standby mengamankan,” terangnya.

Bagian lain, persiapan pengamanan vaksin juga dilaksanakan jajaran Polresta Denpasar. Menurut Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan vaksin yang tiba di Bali merupakan bagian dari proyek vital negara. Sehingga pihaknya harus all out memberikan pengamanan guna memastikan kelancaran vaksin tersebut.

“Ini adalah proyek nasional dan Polresta Denpasar mengacu Rencana Pengamanan (Renpam) dari Polda Bali. Selanjutnya dari Dinkes Bali nanti ke Dinkes Kota. Kemudian akan didistribusikan ke Puskesmas yang ditunjuk sesuai aturan,” ujar perwira melati tiga dipundak itu.

Diterangkannya, pengamanan kedatangan vaksin akan dilakukan melalui jalur darat mulai dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana sampai ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Selanjutnya, vaksin akan didistribusikan ke sejumlah daerah yang sudah didata.

BACA :  Abaikan Kewajiban Membayar Iuran, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Gugatan ke PN Gianyar

Menurut Kombes Jansen, selama vaksin sudah berada di wilayah hukum Polresta Denpasar wajib menjadi tanggung jawab besar di Polresta Denpasar. Selain itu Polresta Denpasar nanti akan didukung oleh Brimob dan Sabhara. Pengamanan akan dilakukan secara statis dengan cara stand by di Dinas Kesehatan Provinsi Bali maupun keliling.

“Kami prinsipnya mengamankan. Ke mana saja barang itu didistribusikan. Saat ini vaksin masih dalam perjalan lewat jalur darat. Paling sore ini atau nanti malam sudah tiba,” pungkasnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular