Varian Baru Mulai Muncul, Satgas Minta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

BULELENG, balipuspanews.com – Covid-19 memang belum benar-benar usai kewaspadaan serta kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan benar-benar harus tetap terjaga, sebab beberapa Minggu sebelumnya adanya varian baru Covid-19 yakni Omicron membuat beberapa kasus positif di berbagai negara meningkat drastis.

Untuk itu Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng melalui koordinator Bidang Data dan Informasi meminta masyarakat agar selalu disiplin dan meningkatkan penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bahkan untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi diharapkan menyegerakan vaksinasi guna mencegah terjadinya penularan virus Covid-19. Kemudian untuk mendukung upaya kedisiplinan masyarakat Pemerintah Indonesia juga sudah mengantisipasi agar tidak terjadi lagi kasus-kasus penambahan dengan mengetatkan pembatasan kedatangan dari luar negeri.

Baca Juga :  Wawasan Kebangsaan Generasi Muda Diharapkan Tetap Kuat Ditengah Dinamika Zaman

“Masyarakat jangan takut adanya varian baru, namun harus tetap waspada menerapkan Prokes dalam beraktivitas,” ungkapnya saat dikonfirmasi Minggu (5/12/2021).

Suwarmawan pun menambahkan langkah-langkah seperti menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, dan menginstal aplikasi PeduliLindungi harus tetap dilakukan agar bisa mengurangi risiko tertular Covid-19 termasuk varian baru. Pihaknya pun bahkan mengakui jika ASN pun sudah komitmen untuk tidak ambil cuti dan liburan.

“Jadi kita mulai dari diri masing-masing untuk tetap menjaga Prokes jadi baru memberikan contoh ke yang lain,” imbuhnya.

Sementara itu terkait perkembangan terkini penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan menyebutkan kasus konfirmasi hari ini nihil, sedangkan angka kesembuhan bertambah 1 orang dari Kecamatan Banjar.

Baca Juga :  Polres Badung Selidiki Penyebab Terbakarnya Pasar Mengwi

Secara kumulatif jumlah kasus konfirmasi di Buleleng sebanyak 10.457 orang terkonfirmasi dengan rincian 9.916 sembuh, 539 meninggal, dan sedang dalam perawatan 2 orang.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan