Kilatan di puncak Gunung Agung

KARANGASEM, ballipuspanews.com – Viral dimedia sosial termasuk dibeberapa grup whatup video kilatan petir diatas puncak kawah Gunung Agung mengundang berbagai pertanyaan.

Warga bertanya – tanya apakah petir tersebut ada kaitannya atau tidak dengan aktivitas Gunung Agung yang saat ini masih berada dilevel III Siaga.

Untuk menghindari kesimpang siuran, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa dengan tegas mengatakan bahwa kilatan – kilatan petir tersebut tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Agung.

Bahkan untuk memastikan, pihaknya telah berkordinasi dengan Pos Pemantauan Gunung Agung dan BMKG untuk mendapatkan informasi secara akurat.

“Kita sudah kordinasi, Sesuai rilis peringatan dini yang keluarkan BMKG bahwa terjadi potensi hujan lebat disertai petir termasuk diwilayah Gunung Agung, bahkan ada juga info tambahan dari BMKG Wilayah III Denpasar situasi ini akan trus berlangsung seiring musim perubahan cuaca,” terang Arimbawa dikonfirmasi pada Rabu malam (04/12/2019).

Tak hanya BMKG, pihaknya juga langsung melakukan kordinasi dengan PVMBG terkait dengan femomena kilatan petir tersebut dan diperoleh informasi bahwa aktivitas Gunung Agung masih landai. Kilatan petir tersebut tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik atau kegempaan Gunung Agung.

Kendati demikian warga dilereng Gunung Agung dihimbau agar tetap mewaspadai banjir lahar dingin yang disebabkan ujan deras dikawasan Gunung Agung.

Arimbawa juga meminta agar masyarakat tetap tenang serta tidak termakan isu – isu yang tidak jelas sumbernya karena situasi seperti saat ini kedepan akan terus terjadi pada musim perubahan cuaca dan agar selalu mengikuti arahan dari instansi terkait. (suar/bpn/tim)

Facebook Comments