Viral Video Hanya Ber KTP Bali Boleh Menyebrang Dibantah GM ASDP Gilimanuk
Pemeriksaan dan penyemprotan penumpang masuk bali

GILIMANUK, balipuspanews.com-Beredarnya video di media sosial kalau warga yang bukan ber KTP Bali dilarang menyebrang ke Bali di pelabuhan Ketapang, dibantah tegas olehGM ASDP Cabang Ketapang Fahmi Alweni.

Menurutnya pihaknya hanya memberikan himbauan atas permintaan Dinas Perhubungan pemrov Bali agar para calon penumpang tidak menyeberang ke Bali kalau tidak terlalu penting atau mendesak.

Tidak ada larangan seperti itu. Kami hanya meneruskan imbauan dari Pemprov Bali kepada calon penumpang kapal agar mengurungkan menyebrang ke Bali jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Kami tidak memiliki kewenangan untuk melarang pengunan jasa menyebrang jika belum ada kebijakan pusat,” tandasnya.

Seperti diketahui Gilimanuk sebagai pintu gerbang keluar masuk bali yang padat mendapat perhatian serius dalam u[aya p[encegahan penyebaran virus corona. Untuk mengefektivkan upaya pencegahan, peneriksan dan penyemproran desinfektan terhadap orang, kendaraan dan barang yang masuk Bali disalukan disatu tempat.

Jika sebelumnya pengunan jasa penyebrangan yang masuk Bali setelh turun dari kapal diarahklan masuk ke tenda penyemprotan desinfektan.

Kemudian mereka yang mengunakan kendaraan diperiksa surat-suratnya oleh polisi lalu keluar poelabuhan untuk menuju pos pemeriksaan KTP di terminal Gilimanuk. Namun mulai Senin (30/3) pagi semua nya difokuskn di pos pemeriksaan KTP. Semua penumpang dan kendaraan yang datang dari Jawa diarahkan masuk ke pos KTP lalu diperiksa identitasnya.

Kemudian pengendara dan penumpangnya diminta turun untuk disemprot desinfektan dan diperiksa suhu tubuhnya. Kendaraan mereka juga tidak luput dari semprotan desinfektan.

Setelah itu dilakuikan pemeiksaan surat-surat dan kelengkapan kendaraan serta barang bawanya.

“Kami bersama Satgas Covid-19 Jembrana melakukan pemindahan pemeriksaan dan penyemprotan desinfektan ini karena di pelabuhan arealnya cukup sempit. Di terminal ini cukup luas sehingga lebih efektif,” ujar Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Kompol Gusti Nyoman Sudarsana.

Menurut Sudarsana, hingga saat ini jumpah penguna jasa penyebrangan yang keluar maupun masuk Bali masih sedikit. Sebagian besar adalah kendaraan angkutan barang terutama sembako. Penurunan penumpang, sepeda motor maupun mobil rata-rata 50 persen dari hari normal.

Meski terjadi penuruinan, namun pihaknya tetap melakukan pemeriksaan identitas dan surat kendaraan serta dokumen barang.

“Kendaraan barang memang meningkat ,mengingat tujuanya tidak hanya Bali tetapi juga sampai Nusa Tenggara,” ungkapnya. Untuk penumpang, jika ada yang tanpa KTP wajib dikembalikan.

Sedangkan dari pemeriksaan suhu tubuh jika ada yang suhunya sesuai protocol covid-19 WHO yakni 38 derajat akan diisolasi di ruang isolasi sementara di pos isolasi darurat ASDP. Kemudian jika dari hasil pemeriksaan lebih lanjut suhu tubuhnya tetap 38 derajat serta ada indikasi seperti covid -`19 jika berasal dari Jawa maka akan dikembnalikan ke asalnya dnegan suirat pengantar dan berkoordinasi dengan kesehatan pelabuhan Ketapang.

“Sementara jika dari Bali akan dikoordinasikandengan dinas kesehatan,” jelasnya.
nm/bpn/tim)