Wabup Apresiasi Generasi Muda Buleleng Masih Antusias Ikuti Lomba Pesantian

Wabup Sutjidra saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba di Wantilan RRI Singaraja
Wabup Sutjidra saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba di Wantilan RRI Singaraja

BULELENG, balipuspanews.com – Minat generasi muda dalam melestarikan kebudayaan lokal seperti Pesantian masih memiliki daya tarik tersendiri dan patut diberikan apresiasi.

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya pelestarian kesenian budaya Bali itu melalui Gelaran lomba Pesantian yang dilaksanakan RRI Singaraja dan mampu menarik banyak minat generasi muda Buleleng.

Sutjidra menilai bahwa pelaksanaan lomba kesenian tradisional Bali sangat penting dilaksanakan, baik itu di tingkat SD, SMP maupun SMA. Mengingat sekarang ini, generasi muda sebagian besar lebih tertarik mengikuti arus perkembangan industry 4.0.

Bahkan pihaknya siap berkolaborasi dengan stasiun radio terkait untuk menggelar lomba-lomba sejenis. Sebab minimnya minat generasi muda untuk mengenal budaya atau melestarikan budaya khususnya di Kabupaten Buleleng.

“Ini demi melestarikan budaya kita sendiri kepada generasi muda,” ujarnya usai menyerahkan hadiah pemenang lomba di Wantilan RRI Singaraja, Kamis (16/9/2021).

Nantinya dengan bersinergi bersama RRI sangat diharapkan terjalin secara terus menerus oleh Wabup Sutjidra, baik kegiatan serangkaian HUT RRI maupun kegiatan lainnya. Pihaknya meyakini dengan jangkauan siaran RRI sangat luas di seluruh Indonesia dapat menyentuh seluruh masyarakat Buleleng bahwasannya pelestarian kesenian budaya Bali terus digaungkan.

“Kita harus yakin melalui media ini pelestarian kesenian budaya Bali bisa terus digaungkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun RRI Singaraja, Drs. Wardi menyebutkan bahwa pihaknya merasa bahagia atas penyelenggaraan lomba pesantian tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng itu. Peningkatan dratis jumlah peserta dibandingkan tahun lalu itu menandakan bahwa minat generasi muda Buleleng sudah tumbuh untuk turut serta melestarikan seni dan budaya Bali.

“Kita semua senang. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan ini. Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Apakah kita harus menunggu punah, kan tidak mungkin,” terangnya.

Menurutnya saat ini generasi muda ini adalah aset bangsa dalam rangka mendobrak industri pariwisata di Bali dan Buleleng pada khususnya. Sehingga apa yang dilakukan, pihaknya meyakini dengan sering ditampilkannya seni dan budaya Bali dalam event-event, daya tarik wisatawan akan meningkat.

“RRI Singaraja akan terus hadir untuk melestarikan seni dan budaya Buleleng, kita akan bangkitkan itu secara bertahap,” tutupnya.

Terkait pemenang lomba pesantian, Juara I diraih oleh SMA Negeri 4 Singaraja, Juara II oleh SMA Negeri 3 Singaraja, dan Juara III diraih SMA Bali Mandara. Kemudian Juara Favorit yang di voting melalui channel YouTube RRI diraih SMA Negeri 3 Singaraja.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan