Wabup Dr. Sanjaya : Jadikan Galungan Sebagai Momentum Kemenangan Terhadap Pandemi Covid-19

Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM.
Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM.

TABANAN, balipuspanews.com – Besok pada rahina Buda Kliwon wuku Dungulan atau pada Rabu (16/9), umat Hindu khususnya umat Hindu di Bali termasuk pula umat Hindu di Tabanan akan merayakan Hari Suci Galungan. Suasana hari raya yang datangnya dalam setiap 210 hari sekali tersebut telah terasa dengan berdirinya penjor pada “lebuh” umat.

Sebagai hari raya besar keagamaan, terlebih lagi diyakini sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma, tentu ada perenungan yang patut dilakukan umat terhadap hari raya Galungan kali ini. Demikian yang diungkapkan Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., Selasa (15/9).

Kepada awak balipuspanews.com, Dr. Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan ini mengatakan bahwa hari raya Galungan besok dilaksanakan umat dalam suasana keprihatinan. Hal ini dikarenakan oleh pandemi covid-19.

Dijelaskannya, pandemi covid-19 sendiri telah membuat berbagai bidang kehidupan manusia tidak bisa berjalan secara normal. Seperti pada bidang ekonomi, pariwisata dan sebagainya termasuk pula pada bidang seni, agama, dan budaya.

“Pandemi covid-19 ini menjadikan berbagai bidang kehidupan manusia tidak bisa berjalan normal,” ungkap Panyegjeg Desa Adat Kota Tabanan ini.

Terkait dengan hal tersebut calon bupati Tabanan ini menyebutkan bahwa semestinya hari raya Galungan kali ini dijadikan sebagai momentum bersama dan bersatu agar pandemi covid segera bisa berlalu. Sehingga pembangunan berjalan lancar dan aktifitas masyarakat juga kembali normal.

Caranya lanjut politikus PDIP asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken ini, masyarakat harus mengedepankan protokol kesehatan terkait upaya pencegahan covid-19. Seperti rajin mencuci tangan memakai sabun, selalu pakai masker, jaga jarak, dan menghindari terjadinya kerumunan.

Terkait dengan perhelatan pemilukada di Tabanan, Dr. Sanjaya juga mengatakan agar hari raya Galungan ini juga dijadikan momentum oleh seluruh masyarakat Tabanan agar selalu bersatu dan bergotong royong memilih dan melahirkan pemimpin yang mampu membawa Tabanan kearah yang lebih baik. Tentunya pula memilih pemimpin yang memiliki koneksi dengan pemerintah pusat dan linier dengan visi pembangunan Bali saat ini.

“Melalui media ini saya juga menyampaikan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari jadikan hari raya ini sebagai momentum untuk segera terbebas dari pandemi covid-19 dan momentum bersatu serta bergotong royong untuk mensukseskan pemilukada Tabanan yang akan berlangsung 9 Desember tahun 2020,” tutupnya.

Penulis : Ngurah Arthadana

Editor : Oka Suryawan