Wabup Sanjaya
Wabup Sanjaya
sewa motor matic murah dibali

TABANAN, balipuspanews.com – Memasuki awal bulan Juni atau tepat pada 1 Juni besok, bangsa Indonesia memperingati hari yang sangat bersejarah. Hari yang sangat bersejarah tersebut tiada lain hari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara ini. Demikian yang diungkapkan Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., Jumat (31/5).

Kepada awak media www.balipuspanews.com Wabup Dr. Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan ini mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya seluruh komponen masyarakat Tabanan untuk memaknai hari lahirnya Pancasila sebagai momentum berkesadaran dalam membangun diri, daerah dan bangsa. Baginya hal ini sangat penting karena kondisi bangsa saat ini tengah memprihatinkan akibat adanya upaya dari kelompok-kelompok tertentu yang terkesan mengingkari semangat Pancasila.

“Pancasila ini adalah prinsip-prinsip dasar negara kita yang nilai dan semangatnya harus ditegakkan oleh seluruh anak bangsa,” ungkapnya.

Terkait momentum untuk berkesadaran membangun diri, daerah dan bangsa ini ditegaskannya karena dalam berbangsa dan bernegara setiap warganya harus memahami posisi diri. Yakni menjunjung nilai-nilai kebangsaan tersebut. Khususnya dasar-dasar negara sebagai pijakan bersama dalam membawa bangsanya ke gerbang kehidupan yang baik, berkeadilan dan tanpa membedakan suku, golongan, agama ataupun warna-warna perbedaan lainnya.

“Bung Karno dan para pendiri bangsa ini melahirkan Pancasila tentu dengan melihat bahwa berbagai perbedaan adalah potensi besar untuk menunjukkan jati diri sebagai bangsa yang merdeka, bermartabat dan bangsa yang besar,” sebutnya.

Nah lanjutnya, dengan berkesadaran membangun diri sebagai warga bangsa yang besar, maka masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Tabanan harus menampilkan diri sebagai putra-putra bangsa yang kreatif dan inovatif dalam melihat beragam potensi yang ada dilingkungannya masing-masing. Kemudian, dengan rasa bangga sebagai putra-putra daerah, seluruh komponen masyarakat bergotong royong membangun daerah.

Dijelaskannya, kesuksesan dalam membangun daerah maka secara langsung telah berkontribusi dalam membangun bangsa. Atau dengan kata lain, suksesnya pembangunan bangsa adalah gambaran nyata dari keberhasilan pembangunan dimasing-masing daerah.

“Atas prinsip inilah saya tidak pernah lelah membangun kesadaran bagi masyarakat Tabanan untuk bangga jadi orang Tabanan. Dengan bangga jadi orang Tabanan itu, tentu tertanam jiwa untuk membangun bangsa dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” tutupnya. (rah/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here