Kamis, April 18, 2024
BerandaJembranaWabup Ipat Pastikan Bantuan Berjalan Benar dan Tepat Guna

Wabup Ipat Pastikan Bantuan Berjalan Benar dan Tepat Guna

JEMBRANA, balipuspanews.com
Untuk memastikan bantuan ternak kepada kelompok-kelompok tani yang mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana berjalan benar dan tepat Guna, pada Rabu (21/12/2022) Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Krisna (Ipat) melakukan peninjauan ke lokasi Kelompok Tani yang berada di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya.

Didampingi Kepala Bidang Peternakan, I Gede Putu Kasthama, Wabup Ipat memantau dan memastikan bantuan dana hibah kepada Kelompok Tani Mekar Tani, Banjar Tunas Mekar berupa 8 ekor ternak sapi dan Kelompok Wanita Tani Kembang Waru, Br. Kemuning berupa 240 ekor ayam petelor berjalan benar dan tepat guna.

“Kita pantau proses identifikasi penyerahan ternak terutama sapi dan untuk bantuan ayam petelor sejumlah 240 ekor lengkap dengan kandang, pakan, dan obat-obatan selama 3 bulan,” ujarnya.

Program Ini adalah salah satu perhatian Pemkab Jembrana untuk pengembangan ekonomi kerakyatan disektor peternakan sehingga kedepan peternak Jembrana bisa lebih maju dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga peternak.

Wabup berharap kepada peternak agar apa yang diberikan dari Pemkab Jembrana dimanfaatkan secara baik dan bijak, sehingga tidak memunculkan permasalahan dikemudian hari.

BACA :  Sekda Adi Arnawa Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun, Desa Kekeran

Sementara Kabid Peternakan, I Gede Putu Kasthama menyampaikan bantuan ini adalah bantuan dana hibah perubahan tahun 2022 sejumlah Rp 60 juta yang diwujudkan dalam pembelian indukan sapi 8 ekor kepada Kelompok Tani Mekar Tani.

Kelompok ini beranggotakan 22 orang sudah berjalan lama dan bagus, sebelumnya pernah mendapatkan bantuan hibah sapi dari kementerian Ristek sejumlah 53 ekor di tahun 2007.

Sedangkan Kelompok Wanita Tani Kembang Waru beranggotakan 20 orang, menerima bantuan dana DID tahap I berupa 240 ekor ayam siap bertelor, 20 unit kandang, 40 sak pakan, dan 1 paket obat-obatan dengan nilai Rp 65.925.000,.

“Untuk bantuan sapi sekarang dilakukan pengecekan terhadap spesifikasi sapi untuk standar indukan sapi, seperti ukuran, umur, dan kesehatan sapi. Kemudian pemberian tanda pengenal sapi, pemberian vitamin, obat cacing, obat anti lalat, dan juga vaksin PMK,”jelasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular