Wabup Kasta Hadiri Gerakan Pramuka Gaul Kwarcab Klungkung

Wabup Made Kasta ikuti program Kakwarcab Klungkung Gelar Aksi Untuk Lingkungan (GAUL).
Wabup Made Kasta ikuti program Kakwarcab Klungkung Gelar Aksi Untuk Lingkungan (GAUL).

SEMARAPURA, balipuspanews.com- Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta mengikuti kegiatan Program Kerja Pramuka Kwarcab Klungkung yang bertempat di Pura Goa Lawah, Kamis (29/10/2020).

Ketua Dewan Kerja Cabang Pramuka Klungkung Ni Putu Diah Trisnawati menyampaikan kegiatan program kerja Pramuka Kwarcab Klungkung bertujuan untuk menjaga lingkungan yang diberi nama Gelar Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) yang dalam salah satu impelementasinya berupa kegiatan penanaman pohon.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih tiga puluhan anggota Pramuka yang merupakan perwakilan dari anggota Pramuka Se-Kabupaten Klungkung. Dimana dalam pelaksanaan kegiatan, baik panitia maupun anggota pramuka tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Diah Trisna menyatakan jenis tanaman yang ditanam antara lain, 2 pohon Kamboja Bali, 4 pohon Cabai Buya, 1 pohon Cempaka Kuning 1 pohon Cempaka Putih, 2 pohon Bogenvile, 30 pohon Sandat Susun, 53 pohon Jempiring, 50 pohon Soka Cengkeh, 50 pohon Soka India, 50 pohon Karimbusa Mini, 25 pohon Endong dimana pendanaan dari kegiatan ini bersumber pada anggaran Pramuka Kwartir Cabang Klungkung.

Diah trisna menambahkan jika pemilihan lokasi ini berdasarkan pada hasil rapat bersama, dan program ini dilaksanakan sekali tiap tahun di kecamatan berbeda diseputaran Kabupaten Klungkung.

Bendesa Adat Goa Lawah, Putu Juliadi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka Kwarcab Klungkung dan mengharapkan agar pohon yang ditanam di areal Pura Goa Lawah dapat bermanfaat.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Klungkung dalam sambutannya berpesan agar dalam melaksanakan Kegiatan ini dilakukan dengan hati yang tulus ikhlas.

“Apapun yang dilkukan dengan hati tulus ikhlas, maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula,” ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta juga berpesan agar sifat-sifat yang didapatkan selama bergabung di organisasi pramuka dapat diimplementasikan ke masyarakat seperti sifat, berani, jujur, semangat, tidak berputus asa, dan lain-lain.

“Saya berharap agar apa yang dilakukan oleh
Pramuka Kwarcab Klungkung dapat membantu menjaga keasrian Pura Goa Lawah,” harap Wabup Kasta.

Wabup Kasta diakhir sambutan, secara simbolis menyerahkan Pohon kepada bendesa Adat Goa Lawah dan melakukan penanaman Pohon.

Disamping kegiatan penanaman pohon, Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung juga melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan dan penyerahan 4 buah tempat sampah untuk dapat digunakan dalam membantu menjaga keasrian di Pura Goa Lawah.

Penulis/Editor : Roni/Oka