22/09/2020, 1:19 AM
Beranda Bali Klungkung Wabup Kasta sidak Docking Kapal Roro NJA di Surabaya

Wabup Kasta sidak Docking Kapal Roro NJA di Surabaya

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta melakukan inspeksi docking kapal Roro Nusa Jaya Abadi (NJA) di galangan kapal PT. Ben Santosa, kawasan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/9/2019). Inspeksi dilakukan bersama tim dari OPD terkait, seperti Dinas Perhubungan, Inspektorat, Baperlitbang dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung untuk mengetahui perkembangan dari proses docking tersebut.

Diterima Manajer PT. Ben Santosa, Suwarno bersama Pimpro Pelaksana Pengerjaan Docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, Febri, Wabup Kasta bersama tim melihat dari dekat proses docking ini. Sejumlah pekerja terlihat sedang melakukan pengelasan pada beberapa bagian. Pekerja lainnya nampak melakukan pengecatan.

Pimpro pelaksana pengerjaan docking Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, Febri menyatakan sampai hari ke 22, docking Kapal Nusa Jaya Abadi berjalan dengan lancar. Dari target keluar tanggal 26 September, akan langsung dilakukan uji coba pelayaran untuk mengetahui hasil dari docking tersebut. “Untuk pengerjaan semua sampai sekarang masih lancar dan tidak ada kendala,” sebutnya.

Pihaknya juga memberi masukan kepada tim inspeksi bahwasanya tahun depan kapal NJA sudah waktunya untuk spesial docking atau docking besar. Ia berharap evaluasi untuk perbaikan dan lain-lainnya untuk perencanaannya agar dibuat lebih matang dan lebih terperinci untuk semua item item pekerjaan yang memang harus dikerjakan untuk tahun depan. “Untuk masukan tahun depan kapal memang sudah waktunya docking besar. Dan untuk perencanaan pekerjaan agar bisa dibuat lebih terperinci terkait item item pekerjaan itu,” tambahnya. 11

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung, Nyoman Sucitra menyampaikan sesuai kontrak dengan pihak pelaksana, docking dilaksanakan selama 30 hari kalender dengan biaya docking Rp. 1,6 milyar melalui APBD 2019. Terkait ketepatan waktu pengerjaan, menurut Sucitra ini tidak terlepas dari faktor alam yaitu pasang surut air laut. “Mudah-mudahan nanti tanggal 25-26 kapal ini sudah bisa balik,” ujarnya.

Selama proses docking, Sucitra menyampaikan penyeberangan dari dan ke Nusa Penida melalui pelabuhan Padang Bai dilayani dengan dua unit kapal LCT yakni LCT Bima Giri Nusa dan LCT Arjuna Giri Nusa. Sedangkan untuk penyeberangan penumpang melalui pelabuhan tradisional Tri Buana dan Banjar Bias Kusamba.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung, I Gusti Ngurah Agung menyampaikan dari hasil pengamatan bersama Tim, sampai hari ini progres pengerjaan docking sudah mencapai 90%. Dengan sisa waktu kontrak sampai 26 September nanti, pihaknya berharap semua pekerjaan bisa selesai. “Mudah-mudahan sesuai dengan kontrak 26 September nanti yang 10% ini bisa dikejar,” ujarnya.

Disinggung mengenai Kapal NJA yang sudah harus docking besar tahun depan, Ngurah Agung menyatakan melihat dari kondisi ini tentu diharapkan adanya semacam docking besar sehingga semua yang memang wajib diperbaiki itu bisa direncanakan dan bisa dibahas lebih lanjut. “Mudah-mudahan anggaran mendukung sehingga perbaikan itu bisa kita lakukan sehingga masyarakat bisa kita berikan pelayanan secara maksimal,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta berharap proses docking dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu sesuai perjanjian kontrak, 26 September nanti. Sehingga kapal Roro Nusa Jaya Abadi bisa kembali ke Bali dan melayani penyeberangan dari dan ke Nusa Penida baik itu untuk angkutan barang maupun penyeberangan orang. “Kita berharap proses docking selesai tepat waktu dan bisa kembali melayani masyarakat,” ujar Wabup Kasta. (Roni/bpn/tim)

- Advertisement -

Sepintas Seperti WNA Mayat Tanpa Identitas, Gegerkan Warga Desa Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com - Penemuan sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula sekitar pukul 06.00 Wita oleh seorang warga...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play