Wabup Kasta Tinjau Bencana Disejumlah Wilayah di Klungkung

Wabup Made Kasta tinjau bencana yang terjadi di Klungkung
Wabup Made Kasta tinjau bencana yang terjadi di Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Hujan deras disertai angin kencang beberapa hari belakangan ini telah menimbulkan sejumlah bencana dan kerusakan disejumlah wilayah di Kabupaten Klungkung.

Bencana yang terjadi seperti tanah longsor dan pohon tumbang disejumlah tempat di Kecamatan Klungkung dan Banjarangkan.

Menindak lanjuti hal tersebut, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDPD) Klungkung, Putu Widiada dan Tim Reaksi Cepat BPBD pun turun langsung melakukan pengecekan ke lokasi bencana, Senin (1/3/2021).

Lokasi pertama yakni di Dusun Penasan Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, sebuah Dinding Penahan Tanah (DPT) sepanjang 11,5 meter dengan tinggi 2 meter milik | Nyoman Suparta mengalami amblas.

Kejadian ini menyebabkan tertutupnya saluran irigasi Subak Penasan Tempek Dangin Desa yang mengairi sekitar 60 hektar sawah. Akibatnya lahan persawahan akan mengalami gagal panen.

Kalak BPBD, Putu Widiada mengatakan bencana dinding amblas ini terjadi, Sabtu (27/2/2021) sekitar pukul 15.00 WITA. Kejadiannya usai hujan lebat disertai angin kencang. Pihaknya menyatakan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Medan yang sulit juga mengakibatkan alat berat tidak dapat membantu melakukan Pembersihan material longsor.

Melihat kondisi tersebut, Wabup Kasta pun mendorong warga dan krama Subak supaya bergotong royong membersihkan material ini.

Usai meninjau dinding amblas, Wabup Kasta bersama rombongan BPBD lanjut menuju pantai Watu Klotok. Ditempat ini sebuah pohon Ketapang dipinggir jalan, tumbang menimpa tembok bangunan TOSS Desa Gelgel

Akibatnya tembok sepanjang 2 meter milik bangunan TOSS mengalami kerusakan. Dengan menggunakan sejumlah gergaji mesin chainsaw, beberapa petugas BPBD langsung memotong kecil kecil dahan pohon tersebut, supaya mudah dibersihkan.

Wabup Kasta dan Kalak BPBD Putu Widiada juga tampak turut membantu proses pembersihan dahan dan ranting pohon tumbang tersebut.

Belum selesai sampai disitu, beberapa pohon peneduh berjenis singapur berukuran besar juga  tumbang di pinggir jalan Baypass IB Mantra tepatnya disisi barat lampu-merah menuju pantai Klotok.

Sebuah pohon tumbang kearah persawahan pada hari sabtu (27/2/2021) dan sebuah pohon lainnya tumbang ke arah jalan raya pada minggu (28/2/2021),  pohon ini menyebabkan setengah jalan baypass tertutup dahan.

Pemilih warung yang berada disebelah pohon tumbang, Ketut Mayeni menyatakan, pohon tua ini tumbang akibat diterjang angin kencang yang disertai hujan deras. Akibat kejadian ini Tidak ada korban kabel tampak tertimpa dahan itu.

Melihat masih ada pohon singapor tua tanpa daun yang masih berdiri, Wabup Made Kasta pun langsung menginstruksikan BPBD untuk melakukan pemotongan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang bisa membahayakan pengguna jalan.

Terakhir, Wabup Made Kasta bersama rombongan BPBD melakukan pemotongan pohon bunut raksasa yang tumbang ke tengah jalan raya kali Unda di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan.

Pohon bunut tua yang berada di sebelah timur jembatan kali Unda ini tumbang disaat sedang hujan yang disertai hembusan angin kencang pada hari minggu (28/2/2021). Akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun landmark tulisan Desa Wisata Paksebali, Kecamatan Dawan, mengalami kerusakan.

Ketika ditemui Wabup Made Kasta menghimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim saat ini. Intensitas hujan yang padat dan disertai angin kencang akan dapat menyebabkan bencana.

“Seluruh masyarakat harus waspada dengan cuaca saat ini, selalu berhati hati saat beraktifitas terutama diluar rumah dan tetap berdoa semoga tidak ada hal buruk yang terjadi,” ujar Wabup.

Penulis : Roni

Editor : Budiarta