Wabup Sanjaya Melayat ke Griya Gede Pasekan

Wabub Komang Sanjaya melayat ke Griya Gede Pasekan, Banjar Pasekan Baleran, Desa Dajan Peken Tabanan untuk menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Ida Pedanda Agung Jumpung Ngenjung Kesunu

TABANAN, balipuspanews.com – Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., melayat ke Griya Gede Pasekan, Banjar Pasekan  Baleran, Desa Dajan Peken Tabanan, Selasa (30/4/2019) malam. Kehadirannya ini sebagai tanda duka atas berpulangnya Ida Pedanda Agung Jumpung Ngenjung Kesunu.

Turut mendampingi Ketua Repdem I Nengah “Kiul” Surajaya, perbekel Dauh Peken, perbekel Dajan Peken serta Bendesa DPKT dan beberapa prejurunya. Selain itu hadir pula pengurus DPD PDIP Bali I Wayan Supartha dan Ni Made Rahayuni serta beberapa unsur lainnya.

Dihadapan orang nomer dua di Tabanan,  penglingsir Griya setempat Ida Bagus Putra Keniten menyebutkan, Ida Peranda lebar atau berpulang dalam usia 89 tahun pada tanggal 24 Februari 2019 lalu karena sakit. Saat welaka almarhum bernama Ida Bagus Purwa.

Dijelaskannya, serangkaian karya pelebon ini telah digelar prosesi nyiramang pada tanggal 17 April lalu. Dua hari setelahnya, para sawa pengiring mapupul atau kumpul di bangsal.

“Puncak pelebon akan berlangsung pada Kamis tanggal 2 Mei 2019,” sebutnya.

Terkait pengiring, ia menyebutkan diikuti sebanyak 63 sawa. Selain juga dengan peserta ngelangkir 22 peserta dan ngelungah sebanyak 3 peserta. Khusus peserta dari wilayah DPKT tidak dikenakan biaya dan hanya punia seikhlasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Dr. Sanjaya mengatakan turut berduka cita atas lebarnya almarhum. Seluruh keluarga yang ditinggalkan diharapkannya tetap tabah dan meneladani jejak-jejak pengabdian almarhum kepada umat.

“Selaku pribadi dan wakil pemerintah Tabanan, saya menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya almarhum,” sebutnya.

Dr. Sanjaya juga mengungkapkan salut dan terima kasih karena karya pelebon ini juga menyertakan pengiring. Baginya, ini sangat membantu umat, khususnya umat di Kota Tabanan untuk menggelar pitra yadnya dengan murah dan efektif.

Diakhir kegiatan melayatnya tersebut, Wabup Dr. Sanjaya berkesempatan  keliling di bangsal. Selain juga menyerahkan sejumlah sarin canang kepada pihak keluarga duka. (rah)