Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBangliWabup Sedana Arta Kukuhkan 80 Anggota Paskibraka

Wabup Sedana Arta Kukuhkan 80 Anggota Paskibraka

BANGLI, balipuspanews.com – Jelang peringatan detik-detik proklamasi ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Bangli, Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE mengukuhkan 80 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2019, Kamis (15/8).

Acara pengukuhan yang dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan pengantar pengukuhan, pembacaan Ikrar Putra Indonesia dan pemasangan kendit oleh Wabup Sedana Arta.

Acara ini juga disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bangli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bangli, Purna Paskibraka Kabupaten Bangli dan keluarga Paskibraka 2019.

Pada kesempatan itu, Wabup Sedana Arta  menekankan motivasi dan penguatan mental bagi anggota Paskibraka. Menurut dia, setelah hampir sebulan mengikuti berbagai latihan, baik fisik maupun nonfisik, sesuai dengan kurikulum pelatihan Paskibraka, diharapkan anggota paskibraka ini sudah memiliki ketahanan fisik dan mental.

Menurut Wabup Sedana Arta, anggota Paskibraka merupakan pemuda pemudi terpilih, yang mendapat kehormatan dan kepercayaan mengemban tugas mulia.
Oleh karenanya, ia berpesan agar putra putri terbaik Bangli ini bisa menampilkan yang terbaik pada apel  peringatan HUT RI ke-74. “Selamat bertugas, tepat focus dan jaga kesehatan. Berikan yang terbaik untuk Kabupaten Bangli,” pintanya.

Wabup Sedana Arta juga mengingatkan para pendahulu telah meletakkan empat pilar kehidupan bernegara, yang menjadi penopang pembangunan dan kemajuan bangsa ini. Seperti falsafah ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan moto nasional Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, Wabup Sedana Arta mengajak semua pihak untuk terus menggelorakan dan mengaktualisasikan empat pilar kebangsaan ini  dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara untuk hari esok yang lebih baik. “Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengelorakan empat pilar kebangsaan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”serunya.

Sementara itu, panitia pelaksana Sang Nyoman Nada menyampaikan, rangkaian kegiatan Paskibraka Kabupaten Bangli tahun 2019, sudah diawali dengan seleksi ke sekolah-sekolah pada bulan Pebruari 2019, dilajutkan dengan seleksi di tingkat Kabupaten pada bulan Maret 2019, hingga terpilih 80 calon Paskibraka 2019, dengan rincian 40 orang putra dan 40 orang puteri. Sambung dia, untuk mematangkan persiapan, anggota Paskibraka tahun 2019 juga dibekali praktik latihan orientasi Pasukan Baris Berbaris (PBB) dan pengenalan formasi yang sudah dimulai dari tanggal 19 Juli 2019.

Selain pelatihan lapangan, anggota Paskibraka juga diberikan pembekalan materi, seperti pendidikan bela negara dan wawasan Nusantara oleh Dandim 1626 Bangli, hukum dan korupsi oleh Kejaksaan Negeri Bangli, kenakalan remaja dan narkoba oleh Kepolisian Resort Bangli, undang-undang pendidikan dan ujian nasional oleh Disdikpora Bangli dan manajemen organisasi dan sejarah paskibraka oleh purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bali. (rls/bpn/tim)

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular