Wabub Sedana Artha Kukuhkan Anggota Paskibraka Bangli
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Bangli, balipuspanews.com- Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Rabu (15/8) 2018, mengukuhkan 80 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2018, sebelum bertugas pada peringatan HUT RI ke-73 di lapangan Kapten Mudita, Jumat 17 Agustus 2018.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan pembacaan ikrar putra Indonesia dan pemasangan kendit oleh Wabup Sedana Arta. Acara ini juga disaksikan oleh Forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkompinda) Bangli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bangli, Purna Paskibraka Kabupaten Bangli dan keluarga Paskibraka 2018.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan itu lebih menekankan motivasi dan penguatan mental bagi anggota Paskibraka. Menurutnya, setelah hampir sebulan mengikuti berbagai latihan, baik fisik maupun non fisik, sesuai dengan kurikulum pelatihan Paskibraka, diharapkan anggota paskibraka ini sudah memiliki ketahanan fisik dan mental. Kata Wabup Sedana Arta, anggota Paskibraka merupakan pemuda pemudi terpilih, yang mendapat kehormatan dan kepercayaan mengemban tugas mulia. Oleh karenanya, ia berpesan agar putra putri terbaik Bangli ini bisa menampilkan yang terbaik pada apel  peringatan HUT RI ke-73.

“ Selamat bertugas dan tepat fokus. Berikan yang terbaik untuk Kabupaten Bangli,  ”pintanya.

Pada kesempatan itu, Wabup Sedana Arta juga mengingatkan, bahwa para pendahulu telah meletakkan empat pilar kehidupan bernegara, yang menjadi penopang pembangunan dan kemajuan bangsa kita. Seperti falsafah ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan moto nasional Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, Wabup asal Sulahan Susut itu mengajak semua pihak untuk terus menggelorakan dan mengaktualisasikan empat pilar kebangsaan ini  dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara untuk hari esok yang lebih baik. “Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mengelorakan empat pilar kebangsaan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,”serunya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Sang Nyoman Nada, dalam laporannya menyampaikan, peserta paskibraka tahun 2018 berjumlah 80 orang, terdiri dari 40 orang hasil seleksi tingkat kabupaten tahun 2018 dan 40 orang diambil dari peserta Paskibraka tahun 2017. Adapun pembentukan tim Paskibraka Kabupaten Bangli tahun 2018 dilaksanakan melalui seleksi ke SMA/K se- Kabupaten Bangli dari tanggal 11 sampai dengan 13 Juni 2018. Sedangkan pelatihan dan pembinaan Paskibraka tahun ini menggunakan sistem pemondokan (asrama) dengan mengunakan asrama diklat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli. Adapun pemondokan akan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 5 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2018.

Disampaikan juga, untuk mematangkan persiapan, anggota Paskibraka tahun 2018 juga dibekali praktik latihan orientasi Pasukan Baris Berbaris (PBB) dan pengenalan formasi yang sudah dimulai dari tanggal 27 Juli sampai dengan 14 Agustus 2018.

Ditambahkannya, selain pelatihan lapangan, anggota Paskibraka juga diberikan pembekalan materi, seperti pendidikan bela negara dan wawasan nusantara oleh Dandim 1626 Bangli, hukum dan korupsi oleh Kejaksaan Negeri Bangli, kenakalan remaja dan narkoba oleh Kepolisian Resort Bangli, undang-undang pendidikan dan ujian nasional oleh Disdikpora Bangli dan manajemen organisasi dan sejarah paskibraka oleh purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bali. ( rls/bas)

 

Tinggalkan Komentar...