19/09/2020, 7:40 AM
Beranda Bali Badung Wabup Suiasa Hadiri Puncak Perayaan HUT ST Karma Yoga ke-46

Wabup Suiasa Hadiri Puncak Perayaan HUT ST Karma Yoga ke-46

Mengwitani, balipuspanews.com-Puncak Perayaan HUT ST Karma Yoga ke-46, Banjar Panca Yasa, Dusun Pupuan,Mengwitani mengangkat tema “Bhakti ring Guru Rupaka”.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Minggu (25/11) kemarin. Puncak Perayaan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup Suiasa. Turut hadir mendampingi, Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Perwakilan Camat Mengwi beserta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Mengwitani I Putu Sumardita, Bendesa Adat Mengwitani I Putu Wendra, Ketua BPD dan LPM Desa Mengwitani, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Mengwitani, Karang Taruna Tunjung Mekar Sari dan Ketua Sekaa Teruna se-Desa Mengwitani serta tokoh masyarakat setempat.

Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut mengajak sekaa teruna berperan penting sebagai pemersatu dan perekat antara adat dan dinas, karena keberadaan sekaa teruna merupakan organisasi tradisi yang akan ikut membantu swadarmaning guru rupaka di bebanjaran maupun di desa adat dan dinas, serta dapat dipakai untuk pembelajaran diri untuk melakukan ayah-ayahan di masyarakat kedepannya.

“Oleh karena itu, diharapkan para tokoh masyarakat agar ikut membantu dan memberikan tuntunan dalam penyusunan program kerja nyata sekaa teruna dalam peranannya di masyarakat,” ujarnya.

Suiasa juga mengajak generasi muda untuk ikut berperan dalam mengajegkan Tri Hita Karana serta mengajegkan adat, tradisi, seni dan budaya, salah satu contohnya dengan mempergunakan bahasa Bali di setiap kegiatan sekaa teruna.

Untuk mendukung pelaksanaan HUT ini, Wabup Suiasa memberikan bantuan sebesar Rp. 25 juta.

Perbekel Desa Mengwitani I Putu Sumardita memberikan apresiasi dan Dd
dirgahayu kepada ST Karma Yoga dalam perayaan HUT ke-46 dan bangga akan semangat Sekaa Teruna.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemerintah Desa Mengwitani menyerahkan bantuan dana melalui APBDes sebesar Rp. 12 juta.

Ketua Panitia HUT ST Karma Yoga, I Gusti Ngurah Dharma Kesawa dalam laporannya memaparkan rangkaian kegiatan HUT Sekaa Teruna Karma Yoga ke-46, dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pihaknya bahu-membahu antar seluruh anggota sekaa teruna yang berjumlah 45 orang terdiri dari 32 laki-laki dan 13 perempuan.

Kegiatan telah berlangsung sejak tanggal 18 November 2018 dengan mengadakan kegiatan jalan santai berhadiah serta lomba-lomba yang melibatkan anggota banjar, PKK, lansia serta anak-anak di lingkungan banjar Panca Yasa Mengwitani. Kegiatan ini mendapat dukungan melalui sumbangan dari Perbekel Desa Mengwitani, Kas Sekaa Truna termasuk dukungan dana dari Pemkab Badung.

“Kami mewakili anggota ST Karma Yoga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan dalam menyukseskan kegiatan ini serta kepada pemerintah Kabupaten Badung yang sudah mendukung kegiatan Sekaa Teruna dalam upaya meningkatkan kreativitas seni dan olahraga,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan sekaa teruna Karma Yoga berkomitmen mendukung semua program Pemerintah Kabupaten Badung yakni program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang tujuannya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Badung. “Kami sendiri telah merasakan banyak manfaatnya dalam menunjang kreatifitas dan aktivitas sekaa teruna di berbagai bidang, utamanya di bidang seni dan budaya.

“Kami akan tetap menjaga warisan budaya lokal di lingkungan banjar Panca Yasa. Sebagai generasi muda kami memiliki pandangan yang menjadi keyakinan, melangkah bersama membangun Kabupaten Badung yang hebat dan menjauhi narkoba,” ujarnya. (rls/bpn/tim)

 

 

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play